KERJA SAMA ANTARA SEKOLAH DENGAN ORANG TUA SISWA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 26 SEMARANG


Indah Mentari Ramadanti Putri, 3401416010 (2020) KERJA SAMA ANTARA SEKOLAH DENGAN ORANG TUA SISWA DALAM PELAKSANAAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMP NEGERI 26 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401416010 - Indah Mentari Ramadanti Putri.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dinamika pendidikan tidak terlepas dari adanya permasalahan yang terjadi. Masalah dalam pendidikan yang saat ini banyak terjadi adalah tindak kekerasan di sekolah, baik yang terlihat ataupun tersembunyi. Sekolah ramah anak diciptakan salah satunya bertujuan untuk menghapus terjadinya kekerasan di sekolah dengan cara menyediakan tempat belajar yang aman dan nyaman, serta menyenangkan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini ialah : 1) mengetahui kerja sama yang dilakukan pihak sekolah dengan orang tua/wali siswa SMP Negeri 26 Semarang dalam melaksanakan program sekolah ramah anak, 2) mengetahui pelaksanaan program sekolah ramah anak di SMP negeri 26 Semarang. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif. Teknik pengumpulan data penilitian menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini yaitu di SMP Negeri 26 Semarang yang terletak di jalan Mpu Sendok II, Kecamatan Banyumanik, Semarang. Alasannya yaitu karena sekolah tersebut merupakan sekolah yang dahulu mendapat label sebagai sekolah buangan dan siswa-siswa yang nakal, akan tetapi sekarang dapat menjadi sekolah pertama yang melakukan deklarasi sekolah ramah anak di Semarang. Subjek penelitian ini adalah tim sekolah ramah anak, orang tua siswa, guru, pedagang kantin, dan siswa. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi dengan sumber. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Konsep untuk menganalisis hasil penelitian ini menggunakan Konsep Kerja Sama dari Hendropuspito dan Konsep Sekolah Ramah Anak dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kerja sama yang antara pihak sekolah dengan orang tua siswa dilakukan dengan cara mengadakan pertemuan, membentuk paguyuban orang tua siswa di tiap kelas, dan membuat grup whatsapp sebagai media komunikasi sekolah dengan orang tua siswa. 2) pelaksanaan sekolah ramah anak di SMP Negeri 26 Semarang berpedoman pada komponen�komponen yang ada dalam sekolah ramah anak menurut KemenPPPA, akan tetapi terdapat komponen yang belum dipenuhi yaitu pelatihan kepada guru-guru mengenai hak-hak anak dalam pendidikan dan sarana prasarana yang belum memenuhi standar dalam sekolah ramah anak. Saran yang diberikan pada penelitian ini, yaitu: 1) kepada Dinas Pendidikan Kota Semarang mengadakan pelatihan bagi pendidik mengenai hak-hak anak dalam memperoleh pendidikan. 2) kepada pihak sekolah, memperbaiki sarana dan prasarana sekolah yang belum memenuhi standar dalam sekolah ramah anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kerja sama, orang tua, sekolah ramah anak
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:45
Last Modified: 25 Oct 2021 07:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47412

Actions (login required)

View Item View Item