EFEKTIVITAS DESAIN FLY TRAP DAN VARIASI UMPAN TERHADAP LALAT RUMAH (Musca domestica)


Riski Margareta, 6411416004 (2020) EFEKTIVITAS DESAIN FLY TRAP DAN VARIASI UMPAN TERHADAP LALAT RUMAH (Musca domestica). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS DESAIN FLY TRAP DAN VARIASI UMPAN TERHADAP LALAT RUMAH (Musca domestica)] PDF (EFEKTIVITAS DESAIN FLY TRAP DAN VARIASI UMPAN TERHADAP LALAT RUMAH (Musca domestica)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan pemukiman warga yang dekat dengan TPA sampah Jatibarang Kota Semarang dapat menyebabkan masyarakat menjadi rentan terinfeksi penyakit yang dibawa lalat rumah. Sehingga perlu adanya pengendalian vektor lalat rumah, salah satunya menggunakan fly trap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan jumlah lalat rumah yang terperangkap dan efektivitas desain fly trap dan variasi umpan yang telah diberikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian postes only design. Sampel penelitian ini adalah sebagian lalat rumah area pemukiman warga sekitar TPA Jatibarang. Data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan program komputer. Hasil menunjukan bahwa jumlah lalat rumah yang terperangkap sebanyak 966 ekor. Jumlah lalat rumah yang terperangkap dalam fly trap botol atas-air gula adalah 258, fly trap botol atas-air cucian daging ayam adalah 216, fly trap botol atas-air kopi adalah 136, fly trap botol corong kuning-air gula adalah 134, fly trap botol corong kuning-air cucian daging ayam adalah 109, fly trap botol corong kuning-air kopi adalah 113. Dapat disimpulkan bahwa desain fly trap botol atas dengan umpan air gula lebih banyak dan efektif memerangkap lalat rumah. Saran penelitian ini adalah untuk menggunakan desain fly trap botol atas dengan umpan air gula sebagai alternatif pengendalian lalat rumah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lalat Rumah, Fly Trap, Umpan Lalat Rumah
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2021 07:09
Last Modified: 25 Oct 2021 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47406

Actions (login required)

View Item View Item