PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DAN PERAN KELUARGA DALAM MENDUKUNG PERILAKU KESEHATAN PENDERITA DIABETES MELLITUS (Studi di Puskesmas Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang)


Niken Dheasye Aryani, 3401415011 (2020) PROGRAM PENGELOLAAN PENYAKIT KRONIS (PROLANIS) DAN PERAN KELUARGA DALAM MENDUKUNG PERILAKU KESEHATAN PENDERITA DIABETES MELLITUS (Studi di Puskesmas Kebondalem Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401415011 - Niken Dheasye.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) merupakan program pemerintah untuk memelihara kesehatan peserta BPJS yang menderita penyakit kronis seperti diabetes mellitus. Puskesmas Kebondalem Pemalang merupakan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang menyelenggarakan PROLANIS. Kegiatannya meliputi pemeriksaan kesehatan, olah raga dan edukasi. Tujuan penelitian yaitu: 1) Mengetahui pelaksanaan Prolanis di Puskesmas Kebondalem Pemalang, 2) Mengetahui peran keluarga dalam mendukung atau menjaga perilaku kesehatan penderita Diabetes Melitus, 3) Mengetahui perilaku kesehatan pasien Diabetes Melitus peserta Prolanis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Puskesmas Kebondalem, Kabupaten Pemalang. Informan penelitian adalah 19 informan yaitu peserta Prolanis, keluarga peserta Prolanis, petugas Prolanis dan petugas kesehatan Puskesmas. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan konsep dimensi perilaku kesehatan dari Soekidjo Notoatmodjo. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Program Prolanis di Puskesmas Kebondalem sudah sesuai dengan SOP yang meliputi konsultasi medis, edukasi peserta Prolanis, Reminder melalui SMS Gateway, home visit, kegiatan senam, 2)Peran keluarga dalam mendukung perilaku kesehatan penderita diabetes mellitus meliputi pengetahuan penyakit diabetes mellitus yaitu pengertian, faktor risiko, gejala, pengobatan, dan dukungan keluarga yaitu mengingatkan penderita agar selalu memelihara kesehatan, menyediakan dan mengontrol pola makan. Selain itu, menjaga penderita diabetes mellitus supaya tidak mudah stress (banyak pikiran) serta memberikan motivasi kepada anggota keluarga yang menderita penyakit diabetes mellitus, 3) Perilaku kesehatan yaitu merubah perilaku makan, aktivitas fisik dan pengendalian stress. Saran yang diberikan: 1) Penderita diabetes mellitus perlu meningkatkan pengetahuan penyakit diabetes mellitus, melakukan pengelolaan sesuai dengan 5 pilar diabetes mellitus, mengelola stres dan merubah pola makan untuk mengontrol gula darah, 2) Institusi kesehatan perlu meningkatkan pengetahuan penderita diabetes mellitus melalui edukasi menggunakan media edutainment.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Keluarga, Perilaku Kesehatan, Prolanis
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:52
Last Modified: 25 Oct 2021 06:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47402

Actions (login required)

View Item View Item