PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SSB BARCA DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020


Muhamad Misbakhudin, 6102416050 (2020) PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SSB BARCA DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SSB BARCA DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020] PDF (PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA SEPAK BOLA PADA SSB BARCA DI KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

SSB Barca adalah salah satu Sekolah Sepak bola di Kabupaten Temanggung yang tercetus tanggal 28 november 2009 dengan konsep latihan di Bhumi Phala dan mulai latihan perdana pada tanggal 10 januari 2010. Dibentuk karena keinginan bebrapa teman pelatih yang ingin memajukan sepak bola temanggung dan kedepan ingin bertumbuh mandiri , memiliki klub yang bisa profesional. SSB Barca satu-satunya SSB di temanggung yang sudah terafiliasi di Asprov Jawa Tengah dan PSSI. Banyak prestasi yang sudah diraih baik prestasi SSB Barca maupun prestasi individu atlet. Dari latar belakang tersebut, fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembinaan prestasi olahraga sepak bola pada SSB Barca di Kabupaten Temanggung Tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembinaan prestasi olahraga sepak bola pada SSB Barca. Penelitiannini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus, pelatih, dan atlet. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik triangulas data. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa, pelaksanaan pembinaan prestasi di SSB Barca sudah cukup baik. Pemassalan dilakukan dengan cara interaksi langsung dan interaksi tidak langsung. Pembibitan dilakukan sejak usia dini dan berjenjang. Prestasi yang sudah diraih sangat membanggakan dibuktikan dengan hasil prestasi yang diperoleh. Sumber daya manusia SSB Barca sudah baik, pelatih memiliki sertifikat/lisensi D Nasional, atlet memiliki semangat dan kedisiplinan dalam latihan, dan kepengurusan sudah berjalan sesuai tugas pokok dan fungsi masing-masing. Program latihan di SSB Barca sudah baik, semua pelatih juga pernah mengikuti pelatihan filanesia sehingga untuk program latihan mengacu pada program filanesia. Sarana dan prasarana SSB Barca sudah cukup baik dan sesuai standar. Serta pendanaan SSB Barca dari biaya pendaftaran siswa dan iuran bulanan siswa yang sudah teralokasi dengan baik. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanakan pembinaan prestasi olahraga sepakbola pada SSB Barca sudah cukup baik hal ini dapat dilihat dari aspek pemassalan, pembibitan, prestasi, organisasi, program latihan, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta pendanaan. Adapun saran yang diberikan agar membuat data peningkatan prestasi atlet, agar mengetahui naik turunnya prestasi atlet. Untuk mempertimbangkan latihan yang tidak berpindah-pindah atau dengan pembuatan lapangan milik sendiri. Tidak perlu adanya rangkap jabatan oleh pengurus. Mengoptimalkan kontribusi sponsor untuk peningkatan kesejahteraan atlet SSB Barca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, Sepak bola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:34
Last Modified: 25 Oct 2021 06:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47400

Actions (login required)

View Item View Item