PENGARUH GAWAI SEBAGAI MEDIA MOBILE BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI STRATIFIKASI DAN DIFERENSIASI SOSIAL KELAS XI SMA N 2 WONOSOBO


Tri Anggana, 3401414102 (2020) PENGARUH GAWAI SEBAGAI MEDIA MOBILE BASED LEARNING TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI MATERI STRATIFIKASI DAN DIFERENSIASI SOSIAL KELAS XI SMA N 2 WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401414102 - Timbul Hari Purnomo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah sarana yang digunakan oleh guru untuk mempermudah proses pembelajaran. Media pembelajaran berbasis mobile merupakan salah media belajar inovatif yang dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui pengaruh penggunaan Mobile Based Learning terhadap peningkatan minat belajar peserta didik. 2) Mengetahui tingkat keberhasilan Mobile Based Learning terhadap peningkatan minat belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kuantitatif. Lokasi penelitian di SMA N 2 Wonosobo. Subyek penelitan adalah peserta didik SMA N 2 Wonosobo. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS SMA N 2 Wonosobo. Sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik purposive sampling dengan mempertimbangkan sampel yang dapat memenuhi kriteria. Kriteria yang dimaksud peneliti adalah sampel yang memiliki gawai yang dapat mengoperasikan aplikasi peneliti. Sampel yang di pilih adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS 1 SMA N 2 Wonosobo. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan rumus korelasi produc moment. Teknik analisis data: 1) pengumpulan data menggunakan lembar angket yang diberikan kepada responden; 2)uji validitas soal angket menggunakan rumus korelasi product moment; 3)uji releabilitas menggunakan uji statistik Cronbach alpha untuk menguji releabilitas variabel; 4) penyajian data berupa tabel hasil uji validitas dan releabilitas angket; 5) penarikan kesimpulan diambil dari seberapa besar skor hasil analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan data yang di peroleh penggunaan media belajar berbasis mobile berpengaruh terhadap peningkatan minat belajar ; 2)Tingkat keberhasilan di tunjukkan dengan 19 dari 32 sampel menyatakan sangat tertarik dengan media belajar berbasis mobile dan 13 sisanya menyatakan hanya tertarik saja. Saran yang di ajukan peneliti kepada guru atau pendidik adalah pembelajaran akan lebih efektif apabila guru atau pendidik menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik sehingga minat belajar peserta didik akan lebih tinggi. Saran yang diajukan oleh peneliti kepada pihak sekolah adalah untuk menambah fasilitas yang dapat mendukung penggunaan media pembelajaran inovatif. Saran kepada pengembang media menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, mobile, peserta didik, sosiologi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2021 06:17
Last Modified: 25 Oct 2021 06:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47397

Actions (login required)

View Item View Item