KADERISASI GESAGI (GERAKAN SADAR HEMAT ENERGI) DALAM MENDUKUNG PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 DEMAK
Anjar Mugiantoro, (3401413140 (2020) KADERISASI GESAGI (GERAKAN SADAR HEMAT ENERGI) DALAM MENDUKUNG PROGRAM ADIWIYATA MANDIRI DI SMA NEGERI 1 DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
SMA Negeri 1 Demak adalah sekolah tingkat menengah atas di kabupaten Demak yang mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik serta peran penting dalam gerakan sadar hemat energy untuk mendukung program adiwiyata mandiri dalam pembangunan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk memecahkan rumusan masalah (1) Bagaimana Proses pengkaderan GESAGI (Gerakan Sadar Hemat Energi) dalam mendukung program adiwiyata mandiri SMA N1 Demak. (2) Bagaimana proses tugas dan program para kaderisasi GESAGI (Gerakan Sadar Hemat Energi) dalam mendukung program adiwiyata mandiri di SMA Negeri 1 DEMAK Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan tahap: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.penelitian ini menggunakan teori birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pengkaderan GESAGI (Gerakan Sadar Hemat Energi) dalam mendukung program adiwiyata mandiri SMA Negeri 1 Demak yaitu perencanaan untuk membentuk kaderisasi melalui sosialisasi program sekolah, proses pelaksanaan program dan evaluasi program kader Gesagi dalam mendukung Program Adiwiyata Mandiri. (2) proses tugas dan program para kaderisasi GESAGI (Gerakan Sadar Hemat Energi) dalam mendukung program adiwiyata mandiri di SMA Negeri 1 DEMAK adalah melakukan sosialisasi dan pengenalan kepada calon anggota,memberikan pengarahan,pemantauan kinerja, menentukan profil anggota atau pengurus dan menentukan durasi kaderisasi dengan dilakukan sesuai tujuan dalam pelaksanaannya. Saran dari penelitian ini yaitu (1) Dalam proses sosialisasi, pelaksanaan, dan evaluasi untuk lebih melibatkan partisipasi aktif warga sekolah. (2) Penanaman konsep-konsep Kesadaran peduli lingkungan melalui proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas untuk lebih ditekankan kembali, sehingga implementasi dalam program Gesagi dalam mendukung Adiwiyata tersebut tercapai dengan baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Adiwiyata, Kaderisasi, Sadar Hemat Energi |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 25 Oct 2021 06:12 |
Last Modified: | 25 Oct 2021 06:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47396 |
Actions (login required)
View Item |