MINAT SISWA PUTRA KELAS XI TAHUN AJARAN 2019/2020 TERHADAP E-SPORT (ELECTRONIC SPORT/OLAHRAGA ELECTRONIK) DIVISI MOBILE LEGENDS BANG-BANG DI SMA NEGERI 11 SEMARANG


Muhammad Idhohuddin, 6102416045 (2020) MINAT SISWA PUTRA KELAS XI TAHUN AJARAN 2019/2020 TERHADAP E-SPORT (ELECTRONIC SPORT/OLAHRAGA ELECTRONIK) DIVISI MOBILE LEGENDS BANG-BANG DI SMA NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MINAT SISWA PUTRA KELAS XI TAHUN AJARAN 2019/2020 TERHADAP E-SPORT (ELECTRONIC SPORT/OLAHRAGA ELECTRONIK) DIVISI MOBILE LEGENDS BANG-BANG DI SMA NEGERI 11 SEMARANG] PDF (MINAT SISWA PUTRA KELAS XI TAHUN AJARAN 2019/2020 TERHADAP E-SPORT (ELECTRONIC SPORT/OLAHRAGA ELECTRONIK) DIVISI MOBILE LEGENDS BANG-BANG DI SMA NEGERI 11 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin maju, muncul beberapa cabang olahraa baru yang memanfaatkan model terbaru yaitu dengan media elektronik yang sering disebut E-Sport. Kemudian banyaknya siswa SMA Negeri 11 Semarang yang bermain video game. E-Sport merupakan permainan video games yang kompetitif. E-Sport merupakan cabang olahraga Exhibition Asian Games 2018 dan merupakan cabang olahraga SEA Games 2019. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa putra kelas XI terhadap E-Sport Divisi Mobile Legends Bang-Bang di SMA Negeri 11 Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana minat siswa putra kelas XI terhadap E-Sport Divisi Mobile Legends Bang-Bang di SMA Negeri 11 Semarang. Penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei. Variabel penelitian ini yaitu minat siswa putra dengan menggunakan populasi siswa putra kelas XI SMA Negeri 11 Semarang. Sampel 70 siswa putra dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket/kuesioner. Dengan instrumen berupa angket/kuesioner. Analisis data statistik deskriptif presentase sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa putra kelas XI tahun ajaran 2019/2020 terhadap E-Sport Divisi Mobile Legends Bang-Bang di SMA Negeri 11 Semarang memiliki rata-rata minat terhadap E-Sport Divisi Mobile Legends Bang-Bang sebesar 75,54%. Hal ini menunjukkan bahwa minat siswa putra kelas XI di SMA Negeri 11 Semarang termasuk dalam kategori tinggi. Siswa putra kelas XI Jurusan IPS memiliki rata-rata minat terhadap E-Sport Divisi Mobile Legends Bang-Bang sebesar 77,41% yang termasuk kategori minat tinggi. Kemudian siswa putra kelas XI Jurusan MIPA memiliki rata-rata minat terhadap E-Sport Divisi Mobile Legends Bang-Bang sebesar 73,06% yang juga termasuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa siswa putra kelas XI tahun ajaran 2019/2020 di SMA Negeri 11 Semarang memiliki minat dalam kategori minat yang tinggi. Peneliti memiliki saran agar mereka yang mempunyai minat terhadap E-Sport dapat dibimbing dan diarahkan, sehingga dapat bermain dengan baik. Pihak sekolah juga diharapkan untuk dapat menampung minat mereka dalam E-Sport dan memfasilitasi mereka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Sport, Mobile Legends, Minat, Siswa.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 25 Oct 2021 05:53
Last Modified: 25 Oct 2021 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47387

Actions (login required)

View Item View Item