DAMPAK PEMBANGUNAN INDUSTRI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA SURODADI KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG


Annisa Luthfiani, 3401413126 (2020) DAMPAK PEMBANGUNAN INDUSTRI TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA SURODADI KECAMATAN GRINGSING KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401413126 - annisa luthfiani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peristiwa yang menarik di tengah pembangunan ekonomi yang cakupan nya sudah sampai Desa yang pada tahap berikutnya pembangunan ini mengalami dampak terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang terjadi di Desa Surodadi Kecamatan Batang. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) mengidentifikasikan perubahan sosial yang terjadi akibat adanya pembangunan industri, (2) mengetahui akibat pembangunan industri tersebut berdampak terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat di Desa Surodadi Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini berada di Desa Surodadi Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Desa Surodadi Kecamatan Gringsing Kabupaten Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pembangunan Industri berdampak pada perubahan sosial berupa struktur dan kebiasaan masyarakat yang sebelum adanya industri dalma keseharian nya masyarakat masih tradisional, (2) faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk berubah adalah masuknya arus teknologi, dibangunya infrastruktur baru dan masuknya para pendatang dari luar daerah, (3) Keberadaan Industri merubah kehidupan sosial ekonomi dimana penghasilan yang mulai meningkat mempengaruhi perubahan cara masyarakat untuk memanfaatkan barang dan jasa. Saran yang dapat penulis rekomendasikan , Bagi masyarakat Desa Surodadi hendaknya diimbangi dengan batasan dan saringan terhadapat perubahan aspek sosial akibat industrialisasi. Bagi perangkat desa perlunya kesadaran kritis menjadikan industrialisasi sebagai wadah untuk memberikan arahan kepada masyarakat Desa Surodadi untuk bisa menghadapi perubahan sosial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembangunan, Perubahan, Sosial ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:14
Last Modified: 25 Oct 2021 04:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47386

Actions (login required)

View Item View Item