STRATEGI ADAPTASI EKONOMI WARUNG BURJO DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG )


Dede Hernawati, 3401413069 (2020) STRATEGI ADAPTASI EKONOMI WARUNG BURJO DALAM MEMPERTAHANKAN USAHA DI MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS DI KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3401413069.pdf - Dede Hernawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Warung burjo menjadi salah satu tempat makan yang diminati masyarakat terutama di sekitar wilayah kampus-kampus di kota besar. Dalam perkembangannya warung burjo semakin menjamur, mulai dari lokasi warung yang dekat dari kampus, di dalam gang, maupun yang jaraknya lebih jauh dari kampus mudah ditemukan. Dalam kondisi pandemi covid-19 banyak warung makan yang memilih untuk tutup sementara, namun sampai dengan saat ini warung burjo masih banyak yang membuka warung dan bahkan menjadi salah satu tempat makan yang digemari masyarakat terutama mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tentang bagaimana pemilik warung burjo dalam memulai usaha (2) mendeskripsikn strategi adaptasi ekonomi warung burjo dalam menghadapi pandemi Covid-19 (3) mendeskripsikan faktor yang mendukung bertahannya warung burjo hingga saat ini. Lokasi penelitian ini adalah Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik warung burjo di sekitar Universitas Negeri Semarang. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan metode analisis data kualitatif dengan penataan pengumpulan data yang sistematis, reduksi data, penyajian data, kemudian verifikasi. Penelitian ini menggunakan teori strategi adaptasi dan pilihan rasional sebagai pedoman teoritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pemilik warung burjo setidaknya membutuhkan 4 tahapan dalam memulai usaha warung burjo yaitu persiapan modal, pemilihan lokasi, pembangunan warung dan penataan warung (2) strategi adaptasi dalam mempertahankan usaha warung burjo menggunakan sistem aplusan, dan strategi dalam menghadapi pandemi sebagai hal yang tidak terduga (3) Dalam mempertahankan usaha, pemilik warung didukung oleh tiga faktor yaitu ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Saran peneliti yang direkomendasikan dalam penelitian ini adalah ditujukan (1) Bagi UMKM diharapkan mampu mendata pelaku usaha baik dari dalam maupun luar wilayah Kelurahan Sekaran dan memotivasi semua pelaku usaha untuk menjalin komunikasis serta kerjasama (2) Bagi pemilik warung burjo diharapkan bersedia untuk melakukan kolaborasi dengan pelaku usaha lokal, dan dapat terus melakukan inovasi menu yang dapat menarik pelanggan khususnya mahasiswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Adaptasi, Ekonomi, Warung Burjo, Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:05
Last Modified: 25 Oct 2021 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47384

Actions (login required)

View Item View Item