PERBEDAAN PEMBERIAN JUS PISANG DAN MINUMAN KOPI TERHADAP NILAI VO2Max PEMAIN FUTSAL


Arifko Bima Suryaloka, 6211413149 (2020) PERBEDAAN PEMBERIAN JUS PISANG DAN MINUMAN KOPI TERHADAP NILAI VO2Max PEMAIN FUTSAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN PEMBERIAN JUS PISANG DAN MINUMAN KOPI TERHADAP NILAI VO2Max PEMAIN FUTSAL] PDF (PERBEDAAN PEMBERIAN JUS PISANG DAN MINUMAN KOPI TERHADAP NILAI VO2Max PEMAIN FUTSAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

VO2Max merupakan volume maksimal oksigen yang diproses dari dalam tubuh manusia ketika melakukan kegiatan yang intensif. Untuk membantu peningkatan VO2Max selain dengan latihan harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang mengandung energi yang cukup. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui pengaruh perbedaan pemberian jus pisang terhadap besarnya nilai VO2Max 2) untuk mengetahui pengaruh perbedaan pemberian minuman kopi terhadap besarnya nilai VO2Max 3) Mana yang lebih berpengaruh antara pemberian jus pisang dan minuman kopi terhadap besarnya nilai VO2Max. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain post-test only with control group desingn. Populasi berjumlah 27 orang pemain ekstrakurikuker SMAN 7 Semarang tahun 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling, kemudian dilakukan random untuk pembagian kelompok. Sampel penelitian dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok kontrol berjumlah 9 orang, perlakuan I (diberi jus pisang 225ml) berjumlah 9 orang, dan perlakuan II (diberi minuman kopi 225ml) berjumlah 9 orang. Pengukuran tes menggunakan Multy Fitnes Test dengan menghitung nilai VO2Max. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 21 dengan uji Oneway Anova yang diuji lanjut menggunakan Post-hoc LSD. Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata nilai VO2Max kelompok kontrol 38,21 ml/kg/menit, dan rerata kelompok jus pisang 44,09 ml/kg/menit, dan rerata kelompok minuman kopi 43,17 ml/kg/menit. Berdasarkan uji Post-hoc menunjukan bahwa ada perbedaan yang bermakna nilai VO2Max kelompok kontrol dengan kelompok jus pisang. Ada perbedaan yang bermakna nilai VO2Max kelompok kontrol dengan kelompok minuman kopi. Namun tidak ada perbedaan yang bermakna nilai VO2Max kelompok jus pisang dengan kelompok minuman kopi. Simpulan penelitian: 1) Pemberian jus pisang memiliki nilai VO2Max yang lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, sehingga efektif untuk meningkatkan nilai VO2Max. 2) Pemberian minuman kopi memiliki nilai VO2Max yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol, sehingga efektif untuk meningkatkan nilai VO2Max. 3) Tidak ada perbedaaan yang bermakna antara efektivitas pemberian jus pisang dan minuman kopi untuk meningkatkan nilai VO2Max.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pisang, Minuman Kopi, VO2Max.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 22 Oct 2021 01:44
Last Modified: 22 Oct 2021 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47364

Actions (login required)

View Item View Item