IMPLEMENTASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA NGESREPBALONG KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL


NADYA WIDYANA, 33124416052 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA NGESREPBALONG KECAMATAN LIMBANGAN KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312416052 - Nadya Widya.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Kabupaten Kendal merupakan salah satu program pembangunan yang difokuskan dalam meningkatkan infrastruktur air bersih di pedesaan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat. Program PAMSIMAS di Kabupaten Kendal telah dijalankan sejak tahun 2008 berhasil meningkatkan pelayanan air minum dan sanitasi di desa/kelurahan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) serta faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi di Desa Ngesrepbalong Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, metode pengumpulan data berupa: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) Implementasi Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Ngesrepbalong dilaksanakan dengan beberapa tahap meliputi sosialisasi yang dilakukan di tingkat kabupaten maupun desa, proses pelaksanaan program PAMSIMAS sampai monitoring dan evaluasi pelaksanaan program. (2) Faktor pendukung dalam pelaksanaan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yaitu adanya koordinasi yang baik antar sektor serta adanya partisipasi masyarakat pada pelaksanaan program ini dan faktor penghambatnya yaitu sumber daya manusianya, faktor alam serta beberapa fasilitas yang tidak sesuai. Saran yang diberikan dalam penelitian ini yaitu: (1) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Kendal dan Tim Fasilitator/ROMS (Regional Oversight Management Service) Kabupaten Kendal perlu melakukan monitoring dan evaluasi lanjutan di desa pasca atau desa yang sudah berlangsung yang mendapatkan bantuan program PAMSIMAS agar program ini dapat berkelanjutan. (2) Badan Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (BPSPAMS) Desa Ngesrepbalong perlu meningkatkan sumber daya manusia berupa kemampuan pengelolaan dalam pelaksanaan program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:24
Last Modified: 21 Oct 2021 08:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47360

Actions (login required)

View Item View Item