“Implementasi Kebijakan Pengembangan Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah (UMKM) Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kendal”


Risya Tsania Faula Sufa, 3312416047 (2020) “Implementasi Kebijakan Pengembangan Usaha Mikro,Kecil, dan Menengah (UMKM) Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kendal”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312416047.pdf - risya tsaniafs.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Implementasi kebijakan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memberikan kontribusi dalam mengembangkan UKM di Kabupaten Kendal untuk mencapai tujuannya yaitu meningkatkan produktifitas, kualitas produk, dan daya saing. Pengembangan UKM di laksanakan oleh Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kendal. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis : (1) bagaimana implementasi kebijakan pengembangan UKM oleh Dinas Perindustrian, Koperasi,dan UKM Kabupaten Kendal. (2) bagaimana dampak implementasi kebijakan pemerintah terhadap kelangsungan usaha UKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitian di Kabupaten Kendal. Sumber data penelitian ini adalah data primer berupa wawancara, sedangkan untuk data sekunder berupa dokumen dan laporan. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara langsung, dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Metode analisis data menggunakan model analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pengembangan UKM melalui implementasi kebijakan pengembangan UKM menjadi sebuah alternatif pelaksanaan kebijakan publik, karena kedudukannya lebih dekat dan berorientasi pada hasil dan kerja sama antar pelaksana kebijakan maupun pelaku UKM (2) dampak kebijakan pemerintah terhadap kelangsungan Usaha Kecil dan Menengah yang dianalisis melalui dampak kebijakan terhadap aspek produktivitas, dampak kebijakan terhadap aspek kualitas produk, dan dampak kebijakan terhadap aspek daya saing.dan keberhasilan proses implementasi kebijakan dianalisis melalui 4 indikator model teori Edward III yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Saran yang diajukan dalam penelitian ini yakni : (1)untuk Dinas Perindusrtian, Koperasi, dan UKM Kabupaten Kendal Kualitas dari masing�masing sumberdaya pelaksana kebijakan pengembangan UKM perlu ditingkatkan dalam hal menangani masalah yang berkaitan dengan pengembangan UKM. (2)untuk pelaksana kebijakan pengembangan UKM lebih memperhatikan terkait aspek apa saja yang perlu dilaksanakan dalam mencapai tujuan kebijakan pengembangan UKM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan Pengembangan UKM, Dampak Kelangsungan Usaha Kecil dan Menengah.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 21 Oct 2021 08:17
Last Modified: 21 Oct 2021 08:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47358

Actions (login required)

View Item View Item