“STRATEGI PEMENANGAN H. NURUDDIN AMIN (GUS NUNG) DENGAN MENGONSTRUKSI IDENTITAS NAHDLATUL ULAMA PADA PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DI JEPARA”


Choris Satun Nikmah, 3312416014 (2020) “STRATEGI PEMENANGAN H. NURUDDIN AMIN (GUS NUNG) DENGAN MENGONSTRUKSI IDENTITAS NAHDLATUL ULAMA PADA PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DI JEPARA”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312416014 - Choris satun nikmah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Strategi pemenangan dalam konteks Pemilihan legislatif merupakan berbagai upaya yang digunakan untuk memaksimalkan segala sumber daya yang dimiliki dalam memperoleh kemenangan. H. Nuruddin Amin sebagai salah satu calon legislatif memiliki strategi tersendiri dengan mengonstruksi identitas Nahdlatul Ulama (NU) pada pemilihan legislatif 2019 di Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui strategi pemenangan H. Nuruddin Amin dengan mengonstruksi identitas NU pada Pileg 2019 di Jepara; dan (2) menganalisis faktor pendukung strategi pemenangan H. Nuruddin Amin (Gus Nung) dengan mengonstruksi identitas NU dalam Pileg 2019 di Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah strategi pemenangan dan faktor pendukung yang digunakan Gus Nung dengan mengonstruksi identitas NU pada pemilihan legislatif di Jepara. Sumber data diperoleh dari informan dan dokumen pendukung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Proses pengujian data menggunakan triangulasi sumber. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemenangan H. Nuruddin Amin (Gus Nung) dengan mengonstruksi identitas Nahdlatul Ulama terdiri dari strategi ofensif dan strategi defensif. Strategi ofensif, berupa membentuk Tim Sukses, menyusun program kampanye, membangun visi berbasis identitas NU, memperkuat image NU, dan segmentasi pemilih serta pengelolaan media. Sementara, Strategi defensif, yaitu silaturahmi melalui acara keagamaan, santunan Yatama, takziah, dan pembagian tunjangan hari raya. (2) faktor pendukung, yaitu: pertama, merawat Ketokohan dengan kredibilitas keluarga sebagai Tokoh Nahdlatul Ulama. Kedua, memantapkan kelembagaan dengan kontruksi image atau citra diri yang sama antara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Gus Nung, yaitu citra PKB sebagai partainya orang NU. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan (1) Calon anggota legislatif diharapkan mampu mengelola waktu dengan baik, menjaga ketokohan, merawat kesan Tokoh Nahdlatul ulama dan menjaga komunikasi serta hubungan yang baik dengan masyarakat atau konstituen. (2) Tim pemenangan diharapkan bisa mengevaluasi dan memperbaiki program kampanye, serta membangun komunikasi yang lebih terorganisir antara tim pemenangan dengan alumni madrasah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemenangan, Mengonstruksi Identitas, dan Pemilihan Legislatif
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:30
Last Modified: 21 Oct 2021 07:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47351

Actions (login required)

View Item View Item