INTERAKSI JURAGAN DENGAN PETANI TEMBAKAU (STUDI PERAN AKTOR INFORMAL POLITIK DALAM TATA NIAGA TEMBAKAU) DI KABUPATEN TEMANGGUNG


Puspa Yuninda Damarningtyas, 3312415050 (2020) INTERAKSI JURAGAN DENGAN PETANI TEMBAKAU (STUDI PERAN AKTOR INFORMAL POLITIK DALAM TATA NIAGA TEMBAKAU) DI KABUPATEN TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312415050 - puspa yuninda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Temanggung merupakan salah satu daerah penghasil tembakau yang potensial di Provinsi Jawa Tengah. Dalam tata niaga tembakau di Kabupaten Temanggung, petani tidak memiliki akses langsung ke pabrik. Proses jual-beli produk tembakau diperantarai middleman atau juragan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pola interaksi antara juragan dengan petani tembakau di Kabupaten Temanggung; (2) mengetahui peran juragan dalam mengelola interaksi dengan petani tembakau di Kabupaten Temanggung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data yang dihasilkan yaitu data deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi sumber data. Pengujian ini dilakukan dengan cara membandingkan antara data yang diperoleh dari sumber satu dengan data yang diperoleh dari sumber lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pola interaksi antara juragan dengan petani tembakau di Kabupaten Temanggung yaitu kerja sama, konflik, dan akomodasi; (2) peran juragan dalam mengelola interaksi dengan petani tembakau di Kabupaten Temanggung yaitu aktor informal yang menggunakan kekuasaannya untuk menjaga hubungan dengan para petani, unsur kekuasaan yang digunakan juragan yaitu rasa takut, kepercayaan, dan rasa cinta. Saran yang diajukan peneliti ialah: (1) asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) sebaiknya mengoptimalkan peran dalam melindungi petani tembakau di Temanggung karena posisi tawar petani yang lemah sering merugikan petani dalam tata niaga tembakau, (2) juragan tembakau sebaiknya menggunakan kekuasaan yang dimiliki dengan bijaksana dan adil untuk membuat patuh petani, sehingga petani tidak akan merasa terbebani dengan apa yang dilakukan oleh juragan dan kerja sama antara juragan dengan petani akan berjalan lancar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Interaksi, Juragan, Petani Tembakau.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 21 Oct 2021 07:10
Last Modified: 21 Oct 2021 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47345

Actions (login required)

View Item View Item