PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM PENGUATAN POTENSI LOKAL (Studi Kasus Mengenai Tenun Lurik Desa Grogol Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo)


Dwi Utami, 3312415042 (2020) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAM PENGUATAN POTENSI LOKAL (Studi Kasus Mengenai Tenun Lurik Desa Grogol Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3312415042 - Dwi Utami.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tugas kepala Desa adalah mengenali apa saja potensi lokal yang dimiliki daerahnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan fokus penelitian peran Kepala Desa untuk mengetahui bagaimana peran Kepala Desa dalam penguatan potensi lokal dan juga strategi yang digunakan Kepala Desa dalam penguatan potensi lokal. Sumber data diperoleh dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kepala Desa memiliki peran dalam penguatan potensi lokal di Desa Grogol Kecamatan Weru Kabupaten Sukoharjo yaitu peran Kepala Desa sebagai motivator sebagaimana kepala desa telah melaukan penyuluhan kepada masyarakat, peran Kepala Desa sebagai fasilitator sebagaimana kepala desa telah mengupayakan pendanaan guna memfasilitasi Tenun Sari dan peran Kepala Desa sebagai dinamistator sebagaimana kepala desa mengadakan paradiga guna mengkoordinasikan pengembangan potensi desa bersama seluruh aparatur desa pada umumnya dan seluruh anggota masyarakat pada khususnya. Strategi yang dilakukan kepala desa dalam memajukan Tenun Lurik yaitu dengan cara mengajarkan kepada tenun Sari cara memmasarkan lurik dengan internet sehingga Lurik dapat diketahui oleh masyarakat luas. Kepala Desa juga giat dalam memperkenalkan lurik kepada tamu-tamu desa agar Lurik desa grogol sendiri dikenal dikalangan pejabat setempat dan akan mudah dalam hal pengajuan bantuan. Kendala dalam pengembangan Lurik sendiri berasal dari masyarakat yang masih beranggapan bahwa menenun atau bergabung dengan Tenun Sari sendiri belum bisa dijadikan pendapatan hidup yang menjadikan dan lebih memilih untuk menggarap sawah. Ditambah lagi potensi desa yang terdapat di desa Grogol tidak hanya Lurik saja melainkan ada beberapa potensi lain seperti mebel,wuwung,genteng press dan lain-lain. Saran yang diberikan adalah agar Kepala Desa lebih intens lagi dalam upaya mendekatkan diri dengan masyarakat dan dilakukannya sosialisasi secara menyeluruh ke anggota masyarakat agar seluruh anggota masyarakat mau bergabung dengan organisasi yang dibuat pemerintah desa guna memajukan potensi desa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Desa, Potensi Lokal.
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 21 Oct 2021 05:15
Last Modified: 21 Oct 2021 05:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47343

Actions (login required)

View Item View Item