FASILITASI HAK PENDIDIKAN OLEH SLB BINA CITRA PATI BAGI ANAK PENYANDANG DISABILITAS


Muhammad Syifaul Fuat, 3301416082 (2021) FASILITASI HAK PENDIDIKAN OLEH SLB BINA CITRA PATI BAGI ANAK PENYANDANG DISABILITAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301416082 - Pebriyan Dwi P.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Fasilitasi hak pendidikan bagi anak penyandang disabilitas tidak cukup hanya dengan mendirikan lembaga pendidikan khusus. Jauh lebih penting dari hal tersebut adalah siswa penyandang disabilitas itu mampu mengikuti proses pembelajaran dengan baik, dengan sarana prasarana yang memadai serta layanan pendidikan yang benar-benar mampu mendukung siswa penyandang disabilitas mencapai tujuan pendidikan. Tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, fasilitas yang tergolong sudah cukup lengkap serta dibukanya jenjang pendidikan dari SDLB sampai SMALB, menjadi faktor pendukung upaya pemenuhan hak pendidikan kepada peserta didik di SLB Bina Citra Pati. Adapun permasalahannya adalah untuk mengetahui upaya pemenuhan fasilitasi di SLB Bina Citra Pati dan mengetahui Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan bagi anak penyandang disabilitas di SLB Bina Citra Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Penyandang Disabilitas Di SLB Bina Citra Pati. Sumber data diperoleh dari informan, foto, dokumen-dokumen dan kepustakaan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) fasilitasi pemenuhan di SLB Bina Citra Pati melalui pemberian perlakuan yang menyesuaikan dengan kemampuan, bakat, minat dan kelainan peserta didik seperti pemisahan asrama, penyesuaian pola asuh peserta didik, penggunaan metode pembelajaran dengan menyesuaikan kemampuan peserta didik dan tujuan pembelajaran, dan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler (2) SLB Bina Citra Pati memenuhi hak pendidikan bagi anak Penyandang Disabilitas bergantung pada Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pemenuhan hak pendidikan bagi anak penyandang disabilitas. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan (1) SLB Bina Citra Pati agar senantiasa mengedepankan fasilitasi hak pendidikan dalam pembelajaran kepada semua peserta didik anak penyandang disabilititas (2) SLB Bina Citra Pati hendaknya lebih memperhatikan hak pendidikan anak peyandang disabilitas dengan memberikan dukungan dan bantuan yang sesuai di butuhkan oleh anak-anak penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hak, Pendidikan, Penyandang disabilitas
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:34
Last Modified: 21 Oct 2021 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47336

Actions (login required)

View Item View Item