PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN DI KABUPATEN CILACAP DALAM KEGIATAN PEMILIHAN, MELOBI, ORGANISASI DAN MENCARI KONEKSI


Feni Anggraeni, 3301416018 (2020) PARTISIPASI POLITIK PEREMPUAN PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN DI KABUPATEN CILACAP DALAM KEGIATAN PEMILIHAN, MELOBI, ORGANISASI DAN MENCARI KONEKSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301416018 - Feni Anggraeni.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Reformasi pada tahun 1998, membawa perubahan dalam sistem politik. Perubahan tersebut memberikan angin segar bagi perempuan untuk terjun dalam dunia politik, namun secara realitas partisipasi perempuan di bidang politik masih terbilang cukup rendah. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti budaya partiarkhi dan pandangan stereotip masyarakat. Partai politik merupakan salah satu sarana yang diharapkan mampu untuk meningkatkan partisipasi perempuan di bidang politik. Berdasarkan data hasil pemilu legislatif tahun 2014- 2019 dan tahun 2019-2024 di Kabupaten Cilacap, hanya PDI Perjuangan menjadi partai yang paling banyak mendudukkan perwakilan perempuan di lembaga legislatif Kabupaten Cilacap. Tujuan dilakukannya penelitian ini antara lain: 1) Partisipasi politik perempuan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) di Kabupaten Cilacap dalam kegiatan pemilihan, melobi, organisasi, dan mencari koneksi; dan 2) Faktor yang mempengaruhi partisipasi politik perempuan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) di Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah metode interaktif dengan tahapan mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Partisipasi politik perempuan PDI Perjuangan Kabupaten Cilacap dilihat dari kegiatan pemilihan dan kegiatan organisasi telah berjalan dengan sangat baik. Sedangkan untuk kegiatan melobi dan mencari koneksi masih terbilang rendah, hal ini dikarenakan kurangnya kemampuan dan pengalaman yang dimiliki oleh anggota perempuan; dan (2) Faktor yang mempengaruhi tingkat partisipasi politik anggota perempuan ialah dukungan keluarga, kebijakan pemerintah, media massa, dan kebijakan yang dibuat oleh partai politik itu sendiri, Saran, PDI Perjuangan Kabupaten Cilacap dalam upaya meningkatkan partisipasi politik perempuan dapat dilakukan dengan mengadakan pelatihan kepemimpinan dan pelatihan manajemen waktu yang meliputi pelatihan pembuatan rencana dan pembatasan rencana serta pelatihan dalam membuat skala prioritas. Selain itu, PDI Perjuangan juga dapat mengadakan diskusi-diskusi politik, pendidikan politik yang dikhususkan bagi anggota perempuan sebagai usaha untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki oleh anggota perempuan secara individu serta seminar-seminar politik yang dapat diikuti oleh anggota perempuan untuk menambah pengetahuan yang dimiliki oleh anggota perempuan di bidang politik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Politik, Perempuan, PDI Perjuangan
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:53
Last Modified: 19 Oct 2021 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47312

Actions (login required)

View Item View Item