MANAJEMEN KOLAM RENANG DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020


ALIN BUDI SARASTA, 6102415065 (2020) MANAJEMEN KOLAM RENANG DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN KOLAM RENANG DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020] PDF (MANAJEMEN KOLAM RENANG DI KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Olahraga bagi masyarakat saat ini menjadi suatu kebutuhan selain sebagai aktivitas fisik juga maupun psikis untuk tujuan upaya peningkatan kebugaran jasmani dan meningkatkan derajat kesehatan. Olahraga juga menjadi gaya hidup masyarakat di era modern khususnya pada olahraga rekreasi yang banyak diminati dibandingkan dengan olahraga prestasi. Industri yang banyak diminati pengusaha di Indonesia adalah penyediaan kolam renang karena, olahraga renang dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.Banyak dijumpai pembangunan kolam renang di kota besar dan daerah. Observasi yang dilakukan penulis di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo menunjukkan bahwa, terdapat 5 kolam renang di Kabupaten Purworejo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi fungsi manajemen dalam pelaksanaan pengelolaan kolam renang dan fenomena semakin bertambahnya pelaku bisnis dalam industri yang sama yang mengakibatkan meningkatnya tingkat persaingan antar pengusaha. Fokus permasalahannya adalah bagaimana manajemen kolam renang di Kabupaten Purworejo dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola kolam renang. Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen kolam renang di Kabupaten Purworejo dan mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola kolam renang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Penelitian ini dilaksanakan 2 Februari sampai dengan 28 Februari 2020. Subjek dalam penelitian ini adalah manajer, pengelola dan pengunjung. Analisis data menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi manajemen perencanaan kolam renang di Kabupaten Purworejo baik. Fungsi manajemen pengorganisasian kolam renang di Kabupaten Purworejo cukup baik. Fungsi manajemen pengimplementasian kolam renang di Kabupaten Purworejo cukup baik. Fungsi manajemen pengawasan kolam renang di Kabupaten Purworejo baik. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam mengelola kolam renang di Kabupaten Purworejo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kolam, Renang.
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2021 06:01
Last Modified: 19 Oct 2021 06:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47308

Actions (login required)

View Item View Item