PROFIL KETERAMPILAN PENCAK SILAT PERGURUAN TAPAK SUCI KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2019 SKRIPSI


Akhuniyatun, 6301416068 (2020) PROFIL KETERAMPILAN PENCAK SILAT PERGURUAN TAPAK SUCI KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2019 SKRIPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROFIL KETERAMPILAN PENCAK SILAT PERGURUAN TAPAK SUCI KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2019] PDF (PROFIL KETERAMPILAN PENCAK SILAT PERGURUAN TAPAK SUCI KABUPATEN WONOSOBO TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Seorang atlet mencapai prestasi maksimal diperlukan usaha komplek yang melibatkan faktor internal maupun eksternal. Atlet dari Perguran Tapak Suci kategori tanding SMA-sederajat yang mengikuti POPDA tingkat Kabupaten Wonosobo mempunyai kemampuan keterampilan teknik dasar pencak silat berbeda-beda. Maka perlu dilaksanakan tes untuk mengetahui keterampilan yang dimiliki. Metode penelitian yaitu metode kuantitatif artinya data ini diperoleh dari survei. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen yang disusun oleh Drs. Agung Nugroho AM., M. Si berjudul “Tes Keterampilan Pencak Silat Bagi Mahasiswa FIK UNY”. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Setelah data diperoleh dimasukan kedalam table norma yang sudah ada. Adapun 8 atlet putri dan 9 atlet putra. Sehingga jumlah keseluruhan pesilat yang meraih juara 1 untuk kategori tanding SMA sederajat sebanyak 17 atlet. Hasil pengolahan data, didapatkan data sebagai berikut: 1) 0 atlet (0%) dalam kategori baik sekali. 2) 1 atlet (5,88%) dalam kategori baik. 3) 7 atlet (41,17%) dalam kategori sedang. 4) 8 atlet (47,05%) dalam kategori kurang. 5) 1 atlet (5,88%) dalam kategori kurang sekali. Data tersebut dari 17 atlet yang akan bertanding pada kejuaran POPDA. Simpulan: secara keseluruhan tingkat keterampilan teknik dasar pencak silat atlet Tapak Suci kategori tanding termasuk dalam kategori kurang dengan frekuensi terbanyak yaitu 8 atlet (47,05%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pesilat Kategori Tanding SMA-sederajat, Keterampilan Teknik Dasar, Tapak Suci.
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2021 05:53
Last Modified: 19 Oct 2021 05:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47307

Actions (login required)

View Item View Item