KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENCEMARAN LIMBAH HOME INDUSTRY SARUNG TENUN GOYOR DI DESA WANAREJAN UTARA KABUPATEN PEMALANG


Berliana Rizqi Fauziah, 3301416014 (2020) KEPEDULIAN MASYARAKAT TERHADAP PENCEMARAN LIMBAH HOME INDUSTRY SARUNG TENUN GOYOR DI DESA WANAREJAN UTARA KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301416014.pdf - Berliana Rizqi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan lingkungan hidup pada dasarnya terjadi karena kegiatan atau aktivitas manusia yang tanpa disadari berdampak pada lingkungan. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bentuk pencemaran limbah home industry Sarung Tenun Goyor, (2) untuk mengetahui kepedulian masyarakat Desa Wanarejan Utara terhadap pencemaran limbah home industry Sarung Tenun Goyor, (3) untuk mengetahui faktor penghambat sehingga masyarakat tidak peduli terhadap limbah home industry Sarung Tenun Goyor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di Desa Wanarejan Utara Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Informan dalam penelitian ini adalah staff Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang, Kepala Desa Wanarejan Utara, dan Masyarakat Desa Wanarejan Utara. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bentuk pencemaran yang diakibatkan dari adanya limbah home industry Sarung Tenun Goyor ialah pencemaran air. Bentuk kepedulian masyarakat terhadap pencemaran limbah home industry Sarung Tenun Goyor yaitu masyarakat ikut mendukung program dari pemerintah membangun IPAL dan membuat jaringan perpipaan, ikut sosialisasi yang dilakukan pemerintah, melakukan perawatan dan pengontrolan bak kontrol saluran air limbah, menjaga kebersihan lingkungan dan ikut kerja bakti, serta memberikan uang iuran untuk perawatan IPAL. Adapun faktor penghambat ketidakpedulian masyarakat terhadap pencemaran limbah home industry Sarung Tenun Goyor adalah kurangnya kesadaran masyarakat mengenai bahaya yang ditimbulkan oleh limbah sarung tenun goyor, masih terdapat masyarakat yang membuang limbah sembarangan, kurangnya keterlibatan masyarakat dalam pengolahan air limbah, sarana dan prasarana yang masih kurang memadai, terdapat adanya IPAL namun belum menampung semua limbah yang ada. Saran yang dapat peneliti rekomendasikan dalam penelitian ini adalah (1) kepada pelaku usaha dan masyarakat Desa Wanarejan Utara hendaknya untuk lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap lingkungan dengan dilakukan kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan menjaga lingkungan dari kerusakan yang telah terjadi. (2) kepada Kepala Desa Wanarejan Utara hendaknya melakukan pengawasan dan memberikan teguran kepada masyarakat yang masih membuang limbah secara sembarangan. (3) kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pemalang diharapkan untuk memberikan ketegasan dan penegakan sanksi terhadap masyarakat yang melanggar aturan mengenai pengolahan air limbah sebelum dibuang ke sungai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepedulian Masyarakat, Pencemaran Lingkungan, Sarung Tenun Goyor
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:43
Last Modified: 19 Oct 2021 04:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47306

Actions (login required)

View Item View Item