PEMBINAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA SISWA BOARDING SCHOOL “PONDOK TAHFIDZ NURUL QUR’AN” DI MAN 1 KUDUS


Dhifta Yudirotul Hafidah, 3301416007 (2020) PEMBINAAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA SISWA BOARDING SCHOOL “PONDOK TAHFIDZ NURUL QUR’AN” DI MAN 1 KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3301416007 - dhifta yudirotul.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Siswa program tahfidz memiliki tanggung jawab untuk memenuhi penugasan menghafal Al Qur’an serta mengikuti kegiatan yang telah dijadwalkan tepat pada waktunya, disamping itu siswa juga harus memaksimalkan kegiatan pembelajaran tatap muka saat pembelajaran kurikuler. Tanggung jawab yang dibebankan pada siswa Pondok Tahfidz Nurul Qur’an MAN 1 Kudus bertujuan untuk mengembangkan sekolah pondok unggulan dengan membina karakter tanggung jawab pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan : 1) Pembinaan karakter tanggung jawab siswa Pondok Tahfidz Nurul Qur’an MAN 1 Kudus; 2) Bentuk karakter tanggung jawab yang diterapkan pada siswa Pondok Tahfidz Nurul Qur’an MAN 1 Kudus; 3) Tanggapan siswa mengenai pembinaan karakter tanggung jawab di Pondok Tahfidz Nurul Qur’an MAN 1 Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Pondok Tahfidz Nurul Qur’an MAN 1 Kudus. Penelitian ini berfokus pada pelaksanaan pembinaan karakter tanggung jawab, sikap tanggung jawab yang diterapkan siswa, serta tanggapan siswa mengenai pelaksanaan pembinaan karakter tanggung jawab. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan. Teknik pengumpulan data melalui observasi menggunakan lembar observasi, wawancara menggunakan pedoman wawancara, dan dokumentasi menggunakan checklist dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Pembinaan karakter tanggung jawab pada siswa boarding school Pondok Tahfidz Nurul Qur’an MAN 1 Kudus dilaksanakan melalui 3 tahap, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan serta tahap evaluasi; (2) Bentuk karakter tanggung jawab yang diterapkan oleh siswa Pondok Tahfidz Nurul Qur’an MAN 1 Kudus dibagi menjadi 2, sikap tanggung jawab saat pembelajaran kurikuler berupa memaksimalkan waktu pembelajaran tatap muka di kelas, dan sikap tanggung jawab saat kegiatan pondok berupa melaksanakan penugasan program kegiatan halaqoh; (3) Siswa memberikan tanggapan baik terhadap pembinaan yang dilaksanakan, diwujudkan dengan perubahan sikap siswa menjadi lebih bertanggung jawab setelah mengikuti pembinaan. Saran, (1) Kepada pembina pondok agar memberikan reward/hadiah bagi siswa yang selalu menaati penggunaan bahasa sesuai ketentuan pondok; (2) Kepada siswa boarding school, disarankan siswa hendaknya memanfaatkan kegiatan tidur siang untuk beristirahat, agar siswa fokus dan tidak mengantuk saat mengikuti kegiatan selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Karakter, Tanggung Jawab, Boarding School
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:17
Last Modified: 19 Oct 2021 04:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47298

Actions (login required)

View Item View Item