APLIKASI WEBGIS DALAM MENDUKUNG PROGRAM SISTER VILLAGE SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN RISIKO BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI DI DESA PATEN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG


Arif Khoir Mahmud, 3211416043 (2021) APLIKASI WEBGIS DALAM MENDUKUNG PROGRAM SISTER VILLAGE SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN RISIKO BENCANA ERUPSI GUNUNG MERAPI DI DESA PATEN KECAMATAN DUKUN KABUPATEN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211416043. - Arif Khoir Mahmud.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Sister Village diperlukan sebagai bentuk penanganan erusi Gunung Merapi berbasis komunitas/masyarakat, untuk membantu pengenalan program Sister Village dan pengurangan risiko bencana, harus diawali informasi kebencanaan yang tepat dan dibutuhkan masyarakat, sehingga bisa memanfaatkan teknologi WebGIS. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Mengetahui pengembangan Sister Village untuk pengurangan risiko bencana erupsi Gunung Merapi di Desa Paten dan desa saudaranya. (2) Menyusun aplikasi pengurangan risiko bencana Merapi berbasis WebGI dalam mendukung program Sister Village untuk peningkatan kapasitas masyarakat di Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. (3) Menganalisis kapasitas masyarakat dalam menggunakan aplikasi WebGIS sebagai pengurangan risiko bencana erupsi Gunung Merapi di Desa Paten, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Objek penelitiannya yaitu masyarakat Desa Paten yang tinggal di Kawasan Rawan Bencana III, dan masyarakat desa yang dijadikan tempat pengungsian Desa Paten. Teknik analisis deskriptif persentatif digunakan untuk mengetahui tujuan 1, pada tujuan 3 responden diberikan soal sebelum dan sesudah menggunakan aplikasi WebGIS. Hasil penelitian menunjukan persepsi masyarakat Desa Paten 72% menilai bahwa prasarana untuk mendukung program sister Village sudah baik dan terpenuhi. Persepsi masyarakat Desa Penyangga terhadap bentuk partisipasi mayoritas adalah dengan bentuk tenaga (47%), sebagian besar masyarakat desa penyangga merasa tidak terganggu dari pengungsi (53%). Penyusunan aplikasi Webgis terdapat beberapa fitur yang tersedia seperti informasi peringatan dini dari BPPTKG, Zona Kawasan Rawan Bencana, Zona radius Merapi, informasi titik kumpul , jalur evakuasi dan Tempat Evakuasi Akhir. Pengetahuan masyarakat sebelum dan sesudah penggunaan WebGIS rata-rata meningkat sebesar 27%. Responden. Uji Usability tiap aspek diatas 50% yang artinya aplikasi efektif jika digunakan dalam program Sister Village. Saran peneliti daiantaranya (1) Sosialisasi dalam hal pelatihan dan dilakukan kontrol secara berkala (2) Kerja sama dalam program Sister Village harus tetap berjalan walau pergantian pemimpin (3) Pembentukan organisasi pemuda antar Sister Village (4) Aplikasi yang dibuat dapat dilanjutkan pengelolaannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sister Village, WebGIS, Mitigasi erupsi Gunung Merapi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:46
Last Modified: 19 Oct 2021 02:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47287

Actions (login required)

View Item View Item