PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN LOM-ZIG-LEMBOL UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI BAGI SISWA TUNARUNGU


WIDIYANTO, 6101416066 (2020) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN LOM-ZIG-LEMBOL UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI BAGI SISWA TUNARUNGU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN LOM-ZIG-LEMBOL UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI BAGI SISWA TUNARUNGU] PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN LOM-ZIG-LEMBOL UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS KEBUGARAN JASMANI BAGI SISWA TUNARUNGU) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran aktivitas kebugaran jasmani di SLB bagi siswa tunarungu memiliki berbagai kendala, diantaranya adalah kurangnya pengembangan modifikasi permainan kebugaran jasmani untuk guru menyampaikan materi kebugaran jasmani bagi peserta didik tunarungu. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap keaktifan gerak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan Permainan Lom-Zig-Lembol untuk aktivitas kebugaran jasmani. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuisioner, dan dokumentasi dengan total sampling sejumlah 33 siswa tunarungu. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh dari wawancara dan kuisioner yang mencangkup kritik dan saran dari para ahli pembelajaran, observasi pada aspek afektif dan psikomotor siswa, dan kuisioner untuk mengambil data kognitif pada siswa Hasil validasi ahli produk awal penelitian didapatkan rata-rata 91.33%. (sangat baik), dengan beberapa revisi seperti penyesuaian jarak lintasan lempar dan variasi pada penggunaan bola. Hasil uji coba skala kecil diperoleh rata-rata 86.96% (baik). Hasil revisi ahli menyatakan sangat bisa digunakan. Hasil uji coba skala besar diperoleh rata-rata 91.19% (sangat baik). Berdasarkan hasil analisis penelitian, Permainan Lom-Zig-Lembol dapat digunakan sebagai aktivitas kebugaran jasmani disekolah. Saran bagi guru penjas, diharapkan dapat memanfaatkan permainan ini untuk aktivitas kebugaran jasmani sesuai dengan prosedur buku penggunaan permainan agar dapat membantu siswa tunarungu untuk selalu bergerak aktif dan meningkatkan kebugaran jasmani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan permainan, Aktivitas Kebugaran Jasmani, Pendidikan Jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:03
Last Modified: 19 Oct 2021 02:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47278

Actions (login required)

View Item View Item