DAMPAK PERKEMBANGAN PERMUKIMAN TERHADAP KETERSEDIAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2010-2019


Millati Khanifa, 3211416026 (2020) DAMPAK PERKEMBANGAN PERMUKIMAN TERHADAP KETERSEDIAAN RUANG TERBUKA HIJAU DI KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG TAHUN 2010-2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211416026 - millati khanifa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan permukiman saat ini setiap tahunnya semakin meningkat seiring bertambahnya laju pertumbuhan penduduk. Perkembangan permukiman yang ada menyebabkan adanya perluasan permukiman dengan adanya bangunan baru maupun pembukaan tanah-tanah baru. Perkembangan permukiman di Kota Semarang khususnya di Kecamatan Gunungpati saat ini diketahui meningkat pesat dari tahun ke tahun dan menyebabkan banyak ruang terbuka hijau yang hilang. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perkembangan luas permukiman di Kecamatan Gunungpati pada tahun 2010-2019. Menganalisis persebaran RTH di Kecamatan Gunungpati pada tahun 2010-2019.Menganalisis persepsi masyarakat tentang dampak perkembangan permukiman terhadap ruang terbuka hijau dari aspek lingkungan, ekonomi, dan sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis data spasial menggunakan Sistem Informasi Geografis. Selain analisis spasial, metode analisis data lainnya yaitu analisis deskriptif kuantitatif ini merupakan metode pengolahan data dengan proses mengurutkan data dan mengatur data yang terdiri dari catatan lapangan berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) dalam jangka waktu 10 tahun perkembangan permukiman meningkat hingga 278,775 Ha. Perkembangan permukiman terjadi karena banyaknya faktor pendukung. 2) Luas ruang terbuka hijau di Kecamatan Gunungpati pada tahun 2010-2019 mengalami peningkatan dari 865,99 Ha menjadi 942,93 Ha. Dengan luas perkembangan sebanyak 76,94 Ha. RTH yang bertambah yaitu Taman Kota dan Hutan Kota sebanyak 78 Ha, Pemakaman Umum 3 Ha. Sedangkan RTH yang berkurang yaitu Sempatan Sungai sebanyak 0,06 Ha dan RTH Privat berkurang sebanyak 4 Ha. 3) Persepsi dari masyarakat pada aspek lingkungan, ekonomi dan sosial, dapat disimpulkan bahwa masyarakat merasa adanya dampak yang timbul seiring dengan perkembangan permukiman setiap tahunnya. Adanya perkembangan permukiman yang ada menambah luasan permukiman di Kecamatan Gunungpati dan mengurangi lahan RTH yang ada. Saran untuk penelitian ini adalah adanya pemerataan perkembangan permukiman. Selain itu perkembangan permukiman disertai adanya penambahan ruang terbuka hijau. Dan perlu adanya perhatian dan perawatan terhadap ruang terbuka hijau.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dampak, Perkembangan Permukiman, Ruang Terbuka Hijau
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 08:05
Last Modified: 18 Oct 2021 08:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47262

Actions (login required)

View Item View Item