PENGARUH AKTIVITAS MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS AIR SUNGAI MUNCUL DI DESA ROWOBONI KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG


Alfany Nurrizky, 3211416001 (2021) PENGARUH AKTIVITAS MASYARAKAT TERHADAP KUALITAS AIR SUNGAI MUNCUL DI DESA ROWOBONI KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211416001 - ridlo maulana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Air sungai merupakan salah satu jenis sumber daya air permukaan yang paling banyak di manfaatkan oleh manusia, dan sangat erat kaitannya dengan aktivitas masyarakat. Aktivitas masyarakat di sekitar aliran sungai serta cara pemanfaatan nya ini tentu saja mempengaruhi kualitas air sungainya.Perilaku manusia dapat mengakibatkan perubahan pada lingkungan hidup salah satunya air sungai. Perubahan akibat tindakan tersebut nantinya akan menjadi sebuah lingkaran siklus manusia mempengaruhi lingkungan dan manusia akan mendapat pengaruh dari lingkungan. Salah satu sungai yang dimanfaatkan oleh masyarakat adalah Sungai Muncul yang terletak di Desa Rowoboni Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk menganalisis bagaimana pengaruh aktivitas masyarakat terhadap kualitas air Sungai Muncul. Jenis penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, uji laboratorium kelayakan air dan dokumentasi. Kualitas air Sungai Muncul tergolong baik setelah di uji di Balai Laboratorium Kesehatan Semarang berdasarkan sampel yang diambil di 4 titik dengan aktivitas masyarakat yang mencakup kegiatan domestik rumah tangga, pertanian, hingga wisata. Rata-rata nilai parameter dari setiap titik tidak melampaui baku mutu yang telah ditentukan yakni dengan hasil nilai pH 6,5 dengan suhu 24˚C, nilai DO atau oksigen terlarutnya 6,80 mg/L, BOD 0,925 mg/L, TDS 160,5 mg/L, Nitrat 3,62 mg/L, dan Total Coliform 294,5 jml/100 ml. Kualitas air Sungai Muncul berdasarkan perspektif masyarakat serta pengelola wisata yang memanfaatkan airnya juga menganggap air Sungai Muncul baik dan masih nyaman digunakan. Berdasarkan perbandingan hasil kualitas air dari uji laboratorium di keempat titik sampel maka seluruh aktivitas masyarakat di Sungai Muncul pada saat penelitian tidak menyebabkan kualitas air Sungai Muncul menurun Saran dalam penelitian ini yaitu, masyarakat desa termasuk pengelola wisata Sungai Muncul terus bekerja sama untuk melestarikan Sungai Muncul mengingat sungai ini sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Meskipun dapat disimpulakan pada saat penelitian aktivitas masyarakat tidak menurunkan kualitas air sungai, namun masyarakat diharapakan untuk terus menjaga sungai ini dengan cara tidak membuang sampah ke sungai, mengurangi penggunaan sabun dan detergen di sungai, mengurangi aktivittas MCK di Sungai, tidak mebuang limbah rumah tangga atau pupuk pertanian ke sungai, serta dilarang untuk menebang pepohonan di sekitar Sungai Muncul agar Sungai Muncul akan terus lestari dan dapat dinikmati keindahan dan potensinya hingga dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Masyarakat, Kualitas Air, Sungai Muncul
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:52
Last Modified: 18 Oct 2021 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47259

Actions (login required)

View Item View Item