OPTIMALISASI PUBLIKASI DESTINASI PARIWISATA INTAN DI KOTA BANJARBARU DAN KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN MELALUI WEBGIS


Jan Haikal Ramadhana, 3211415025 (2020) OPTIMALISASI PUBLIKASI DESTINASI PARIWISATA INTAN DI KOTA BANJARBARU DAN KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR PROVINSI KALIMANTAN SELATAN MELALUI WEBGIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 3211415025.pdf - Jan Haikall.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Optimalisasi publikasi destinasi wisata diaplikasikan melalui standar sapta pesona dan sistem infomasi WebGIS. Penelitian ini bertujuan: 1) Mengetahui sapta pesona pariwisata intan melalui persepsi wisatawan. 2) Membangun sistem informasi WebGIS guna mengoptimalkan publikasi destinasi pariwisata intan. Populasi penelitian ini wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata Cahaya Bumi Selamat, Martapura, dengan sampel sebesar 100 dan Pendulangan Intan Cempaka, dengan sampel sebesar 44. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposed random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kuantitatif. Aspek sapta pesona yang masuk kedalam kategori “baik” di destinasi wisata Cahaya Bumi Selamat, Kecamatan Martapura yaitu keamanan, kebersihan, kesejukan dan keindahan. Sementara yang mendapat penilaian “kurang baik” adalah ketertiban, keramahan dan kenangan. Aspek sapta pesona yang masuk kedalam kategori “baik” di destinasi wisata Pendulangan Intan, Kecamatan Cempaka yaitu keamanan, keramahan dan kenangan. Sementara yang mendapat penilaian “kurang baik” adalah ketertiban, kebersihan, kesejukan dan keindahan. Sistem Informasi WebGIS yang dibangun diharapkan menjadi penggerak dalam publikasi informasi sapta pesona dan menjadi kebutuhan perencanaan pariwisata intan di Kalimantan Selatan (Kecamatan Cempaka dan Kecamatan Martapura). Wisatawan dapat mengakses sistem informasi pariwsita intan melalui alamat http://temandestinasi.000webhostapp.com/tes/.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: destinasi wisata, pariwisata intan, sapta pesona, webgis
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:49
Last Modified: 18 Oct 2021 07:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47258

Actions (login required)

View Item View Item