TINGKAT PERKEMBANGAN MOTORIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA


Sudadik, 6101416069 (2020) TINGKAT PERKEMBANGAN MOTORIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of TINGKAT PERKEMBANGAN MOTORIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA] PDF (TINGKAT PERKEMBANGAN MOTORIK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan Kemampuan gerak motorik memegang peranan penting sangat diperlukan untuk dalam perkembangan dan pertumbuhan dalam setiap perkembangan keterampilan gerak setiap individu. Melalui aktivitas fisik yang terdapat dalam pendidikan jasmani siswa dapat meningkatkan kemampuan yang ada di dalamnya seperti kemampuan motoik nilai- nilai fungsional yang melibatkan kemampuan kognitif, afektif dan sosial. Perkembangan kemampuan motorik dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Dengan keterampilan dan pengalaman gerak yang dikuasai yang berpengaruh pada perkembangan kemampuan motorik. observasi awal yang dilakukan siswa sedikit sekali melakukan gerakan dan aktifitas fisik salah satu yang membuat siswa sedikit bergerak yaitu gadget dan rasa malas. Permasalahan penelitian ini yaitu: “seberapa besar tingkat kemampuan motorik siswa SMP di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora?” Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat perkembangan kemampuan motorik siswa SMP di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survai tes dan pengukuran. Populasi dalam penlitian ini siswa kelas VII dan VIII SMP di Kecamtan Todanan sebanyak 209 siswa dari 4 sekolah. Teknik penarikan sampel mengunakan metode sample random sampling dengan cara undian untuk menentukan sampel. Menganalisis data mengunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan presentase. Instrumen penelitian ini mengunakan barroow motor ability test yang terdiri dari pengukuran standing board jump, pengukuran soft ball throw, pengukuran zing-zang run, pengukuran wall pass, pengukuran medicine ball put, lari 60 yard dash. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat perkembangan motorik dari 209 siswa. Siswa 91 siswa terdiri dari 4,9% masuk dalam kategori baik sekali, 27,8% masuk dalam kategori baik, 36,7% masuk dalam kategori sedang, 23,62% masuk dalam kategori kurang, 6,95% masuk dalam kategori kurang sekali. Siswi 118 siswa terdiri dari 15,1% masuk dalam kategori baik sekali, 20,05% masuk dalam kategori baik, 30,36% masuk dalam kategori sedang, 23,02% masuk dalam kategori kurang 11,44% masuk dalam kategori kurang sekali. Kesimpulan penelitian yang diperoleh bahwa tingkat perkembangan motorik siswa SMP di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora yaitu siswa memiliki kemampuan motorik dalam kategori sedang dan siswi memiliki kemampuan motorik kategori sedang. Saran untuk guru dan siswa tetap meningkatkan aktifitas fisik dan gerak untuk meningkatkan dan menjaga perkembangan motorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Motorik, Motorik Siswa, Kabupaten Blora
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:39
Last Modified: 15 Oct 2021 03:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47244

Actions (login required)

View Item View Item