PENGARUH LATIHAN ICKY SHUFFLE DAN DIAGONAL QUICK SLALOM MENGGUNAKAN METODE LADDER DRILL TERHADAP KELINCAHAN (Eksperimen Pada Pemain Sepakbola PS. Pemda Surakarta U-19)


Sabat Syah Bandang, 6301416176 (2020) PENGARUH LATIHAN ICKY SHUFFLE DAN DIAGONAL QUICK SLALOM MENGGUNAKAN METODE LADDER DRILL TERHADAP KELINCAHAN (Eksperimen Pada Pemain Sepakbola PS. Pemda Surakarta U-19). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LATIHAN ICKY SHUFFLE DAN DIAGONAL QUICK SLALOM MENGGUNAKAN METODE LADDER DRILL TERHADAP KELINCAHAN (Eksperimen Pada Pemain Sepakbola PS. Pemda Surakarta U-19)] PDF (PENGARUH LATIHAN ICKY SHUFFLE DAN DIAGONAL QUICK SLALOM MENGGUNAKAN METODE LADDER DRILL TERHADAP KELINCAHAN (Eksperimen Pada Pemain Sepakbola PS. Pemda Surakarta U-19)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemain PS. Pemda Surakarta U-19 memiliki kelincahan yang kurang, artinya harus ada metode latihan yang sesuai dan rutin dilakukan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh latihan icky shuffle dan diagonal quick slalom menggunakan metode ladder drill serta perbandingannya. Penelitian metode eksperimen dengan pola AB-BA. Data diambil melalui pretest dan posttest. Populasi menggunakan pemain sepakbola PS. Pemda Surakarta U-19 berjumlah 20 orang dan sampel sebanyak 20 orang dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada pengaruh latihan icky shuffle menggunakan metode ladder drill terhadap kelincahan, 2) Ada pengaruh latihan diagonal quick slalom menggunakan metode ladder drill terhadap kelincahan, dan 3) Latihan diagonal quick slalom menggunakan metode ladder drill lebih baik dalam meningkatkan kelincahan. Simpulan : Latihan ladder drill icky shuffle dan latihan ladder drill diagonal quick slalom sama-sama memiliki pengaruh terhadap peningkatan kelincahan pada pemain sepakbola PS. Pemda Surakarta U-19, dengan selisih rata-rata posttest sebesar 0,44 detik. Saran : Sebaiknya untuk meningkatkan kelincahan memilih latihan diagonal quick slalom dengan metode ladder drill mengingat ini lebih baik untuk meningkatkan meningkatkan kecepatan kaki, body control, dan kesadaran kinestetik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: latihan, kelincahan, ladder drill
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:47
Last Modified: 15 Oct 2021 02:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47241

Actions (login required)

View Item View Item