PENGARUH PILIHAN MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP STRES KERJA DI PT. NADA SURYA TUNGGAL KABUPATEN SEMARANG


Rizka Maulinda Aftikasari, 6411416009 (2020) PENGARUH PILIHAN MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP STRES KERJA DI PT. NADA SURYA TUNGGAL KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PILIHAN MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP STRES KERJA DI PT. NADA SURYA TUNGGAL KABUPATEN SEMARANG] PDF (PENGARUH PILIHAN MANAJEMEN KONFLIK TERHADAP STRES KERJA DI PT. NADA SURYA TUNGGAL KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan dengan jumlah pekerja 51 hingga 500 karyawan memiliki risiko stres kerja 62%. Departemen kerja operator juga memiliki presentase yang tinggi dalam kejadian stres kerja, yaitu 61%. Pekerja operator produksi berisiko stres kerja karena hubungan interpersonal kurang baik ditandai dengan konflik kerja. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh manajemen konflik integrasi, menurut, dominasi, menghindar, kompromi terhadap stres kerja di PT. Nada Surya Tunggal Kabupaten Semarang. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif, metode observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel yang ditetapkan sebesar 70 pekerja dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data bivariat menggunakan uji chi square dan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil uji bivariat menunjukkan manajemen konflik yang berpengaruh terhadap stres kerja (p<0,05) sebagai faktor risiko adalah manajemen konflik integrasi (p=0,010) dan manajemen konflik dominasi (p=0,006), sebagai faktor protektif adalah manajemen konflik menurut (p=0,008) dan manajemen konflik kompromi (p=0,015), sedangkan manajemen konflik menghindar (p=0,344) tidak berpengaruh terhadap stres kerja (p>0,05). Hasil uji multivariat menunjukkan manajemen konflik yang paling berpengaruh terhadap stres kerja adalah manajemen konflik dominasi (p=0,002). Saran untuk pekerja PT. Nada Surya Tunggal adalah penggunaan manajemen konflik mempertimbangkan situasi dan posisi dalam konflik, mengurangi penggunaan manajemen konflik dominasi, dan menjalin hubungan yang baik sesama pekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Konflik, Stres Kerja
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:12
Last Modified: 15 Oct 2021 02:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47239

Actions (login required)

View Item View Item