MANAJEMEN FASILITAS GELANGGANG OLAHRAGA SAMAPTA KOTA MAGELANG


Nur Ahmad Taufikurrahman, 6211415063 (2020) MANAJEMEN FASILITAS GELANGGANG OLAHRAGA SAMAPTA KOTA MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN FASILITAS GELANGGANG OLAHRAGA SAMAPTA KOTA MAGELANG] PDF (MANAJEMEN FASILITAS GELANGGANG OLAHRAGA SAMAPTA KOTA MAGELANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui manajemen dan pemanfaatan fasilitas Gelanggang Olahraga Samapta Kota Magelang. Alat yang digunakan adalah kamera, tape recorder, dan alat tulis. Metode yang digunakan adalah observasi, , wawancara, dokumentasi, pengumpulan dan analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian ini adalah pengelola fasilitas olahraga yaitu kepala seksi pemberdayaan dan pengembangan olahraga prestasi Disporapar Kota Magelang, kepala Unit Pelaksana Teknis Gelanggang Olahraga Samapta dan masyarakat yang menggunakan fasilitas Gelanggang Olahraga Samapta. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Fasilitas Gelanggang Olahraga Samapta Kota Magelang dibagi menjadi beberapa indikator diantaranya perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerak (actuating), dan pengawasan (controlling). Pemanfaatan fasilitas Gelanggang Olahraga Samapta sebagai olahraga pendidikan yaitu dapat meningkatkan prestasi pendidikan di sekolah, melakukan olahraga dengan tujuan rekreasi untuk menghilangkan stres dan penat, mengisi waktu luang, menjaga kondisi dan kebugaran tubuh. Pengguna menjadikan Gelanggang Olahraga Samapta sebagai olahraga prestasi sebagai tempat untuk meningkatkan skill dan kekompakan tim serta sebagai penyelenggara kompetisi olahraga untuk mencari bibit-bibit atlet yang diharapkan mampu menjadi kebanggaan Kota Magelang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Manajemen fasilitas Gelanggang olahraga Samapta yang dilaksanakan oleh Disporapar Kota Magelang sudah baik. Dalam pengelolaannya sudah memakai indikator perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerak (actuating), dan pengawasan (controlling). Pemanfaatan fasilitas Gelanggang olahraga Samapta oleh masyarakat Kota Magelang sudah baik. Masyarakat Kota Magelang mulai sadar akan pentingnya berolahraga, namun penerapannya masih kurang. Pemanfaatan yang dilakukan sudah mencakup indikator olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, dan olahraga prestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Fasilitas Olahraga.
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 15 Oct 2021 03:44
Last Modified: 15 Oct 2021 03:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47237

Actions (login required)

View Item View Item