PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR (KIHON) SHORINJI KEMPO UNTUK KENSHI PEMULA


FAIZ HERDIAN PUTRO SAKTI, 6211415045 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR (KIHON) SHORINJI KEMPO UNTUK KENSHI PEMULA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR (KIHON) SHORINJI KEMPO UNTUK KENSHI PEMULA] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL TEKNIK DASAR (KIHON) SHORINJI KEMPO UNTUK KENSHI PEMULA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Teknik dasar (kihon) Shorinji Kempo merupakan ilmu yang wajib dikuasai oleh para kenshi. Dalam pelaksanaanya, kihon memakan banyak waktu karena banyak dari kenshi pemula yang belum mengerti kihon. Berdasarkan observasi, banyak tempat berlatih (dojo) yang hanya memiliki waktu latihan sekali dalam seminggu. Hal itu disebabkan oleh faktor internal dan eksternal dari tiap dojo. Adapun faktor internalnya yaitu: 1). Ketersediaan tempat untuk berlatih; 2). Jam KBM yang berlangsung hingga sore pukul 15.30 pada dojo sekolah menengah; 3). Perijinan aktivitas latihan pada instansi yang tekait; 4). Pembatasan jam ekstrakulikuler pada dojo sekolah; 5). Libur nasional. Faktor eksternal meliputi ketersediaan pelatih dan faktor cuaca. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui hasil dari pengembangan media pembelajaran video tutorial teknik dasar (kihon) Shorinji Kempo untuk kenshi pemula dan menghasilkan produk media video tutorial kihon Shorinji Kempo untuk kenshi pemula agar dapat mempermudah dalam mempelajari teknik dasar Shorinji Kempo yang baik dan benar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Metode dalam peneletian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah yakni: 1) Identifikasi potensi dan masalah 2) Pengumpulan informasi 3) Desain produk 4) Validasi desain oleh para ahli 5) Uji coba produk 6) Produksi akhir. Subjek penelitian ini adalah kelompok kecil yang berisi 10 kenshi pemula dan kelompok besar yang berisi 30 kenshi pemula. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah tersusunya media pembelajaran video tutorial teknik dasar (kihon) Shorinji Kempo untuk kenshi pemula Kota Semarang dengan uji efektivitas pada uji coba kelompok kecil sebesar 89,7% yang termasuk dalam kategori “sangat baik” dan uji efektivitas pada uji coba kelompok besar sebesar 88,833% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran tersebut layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi para kenshi pemula. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai dasar penelitian berikutnya mengenai pengaruh media pembelajaran melalui video tutorial teknik dasar (kihon) dalam kegiatan latihan Shorinji Kempo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Shorinji Kempo, Teknik Dasar, Media Pembelajaran
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 15 Oct 2021 01:49
Last Modified: 15 Oct 2021 01:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47235

Actions (login required)

View Item View Item