SURVEI MANAJEMEN ORGANISASI CABOR RENANG PADA ATLET BERKEBUTUHAN KHUSUS DI NPC SOLO TAHUN 2019


Nina Desi Saputri, 6101413166 (2020) SURVEI MANAJEMEN ORGANISASI CABOR RENANG PADA ATLET BERKEBUTUHAN KHUSUS DI NPC SOLO TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI MANAJEMEN ORGANISASI CABOR RENANG PADA ATLET BERKEBUTUHAN KHUSUS DI NPC SOLO TAHUN 2019] PDF (SURVEI MANAJEMEN ORGANISASI CABOR RENANG PADA ATLET BERKEBUTUHAN KHUSUS DI NPC SOLO TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

NPC (National Paralympic Committee) Indonesia merupakan induk organisasi cabang olahraga nasional bagi penyandang disabilitas yang berwenang mengkoordinir dan membina seluruh kegiatan cabang olahraga prestasi, salah satunya adalah renang. Minimnya prestasi atlet berkebutuhan khusus pada cabor renang, dan kepengurusan manajemen organisasi yang kurang tertata menjadi permasalahan yang berpengaruh pada cabor renang di NPC Solo Tahun 2019 sulit untuk berkembang. Berdasarkan temuan tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui keadaan manajemen organisasi pada cabor renang atlet berkebutuhan khusus di NPC Solo Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi meliputi pengurus NPC di Solo Tahun 2019, pelatih, dan atlet berkebutuhan khusus cabor renang. Teknik analisis data yang digunakan meliputi komponen pengumpulan data, pemeriksaan keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa kepengurusan cabor renang diberi wewenang untuk mengatur kepengurusan mandiri dibawah pengawasan dari NPC Indonesia di Solo Tahun 2019 yang merupakan organisasi induk bertanggungjawab untuk mengatur berbagai cabang olahraga. Pelaksanaan manajemen dan program kerja terhambat karena anggaran dana yang terbatas dan tidak adanya dukungan sarana dan prasarana, serta proses pencarian atlet anak berkebutuhan khusus pada cabang olahraga renang mengalami kesulitan. Keberadaan atlet yang sedikit berdampak pada terhambatnya pelaksanaan program pembinaan jangka pendek dan jangka panjang. Kesimpulan, (1) Struktur organisasi cabang olahraga renang NPC Solo Tahun 2019 belum terstruktur, kepengurusan dikendalikan langsung dari induk NPC Indonesia di Solo Tahun 2019. (2) Pelaksanaan manajemen cabang olahraga renang NPC di Solo Tahun 2019 tidak berjalan dengan baik. Saran, (1) Perbaikan struktur kepengurusan organisasi agar cabang olahraga renang NPC di Solo Tahun 2019 memiliki struktur organisasi yang jelas. (2) Manajemen hendaknya dikelola oleh kepengurusan internal cabang olahraga renang di NPC Solo Tahun 2019 agar kebijakan dan keputusan program lebih efektif. (3) Sosialisasi cabang olahraga renang lebih ditingkatkan dan jalin kerjasama dengan pihak terkait agar proses perekrutan dan regenerasi atlet tidak terhambat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: NPC, Manajemen, dan Disabilitas,
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 15 Oct 2021 01:16
Last Modified: 15 Oct 2021 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47232

Actions (login required)

View Item View Item