PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL


Rifki Nur Akbar, 1401416453 (2020) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI RIFKI NUR AKBAR - rifki nur akbar.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan output daripada kegiatan pembelajaran yang selesai dilakukan. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya faktor yang peneliti ambil untuk dilakukan penelitian yaitu kemandirian belajar dan motivasi berprestasi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu 216 peserta didik, sedangkan sampel penelitian sebanyak 141 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstruktur, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran mengenai masing-masing variabel. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linieritas, multikolinearitas, dan heteroskedastisitas. Uji hipotesis terdiri dari uji korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan, dan koefisien regresi secara bersama-sama (uji F). Hasil penelitian menunjukan: (1) kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan uji t yaitu nilai thitung > nilai ttabel (2,989 > 1,977) dan memiliki pengaruh sebesar 6%; (2) motivasi berprestasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan uji t yaitu nilai thitung > nilai ttabel (2,486 > 1,977) dan memiliki pengaruh sebesar 4,3%; (3) kemandirian belajar dan motivasi berprestasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dibuktikan dengan uji F yaitu nilai Fhitung > Ftabel (4,514 > 3,062) dan memiliki pengaruh sebesar 6,1%. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat disimpulkan kemandirian belajar dan motivasi berprestasi berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SD Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Saran peneliti diharapkan guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk mengembangkan sikap kemandirian dan memunculkan motivasi dalam diri peserta didik, sehingga peserta didik dapat mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Kemandirian Belajar; Motivasi Berprestasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:11
Last Modified: 14 Oct 2021 07:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47231

Actions (login required)

View Item View Item