PENGARUH GAME EDUKASI “RUMAH KUAT” TERHADAP KEMAMPUAN ANAK TENTANG MITIGASI GEMPA BUMI DI TK SIWI MARDI UTAMI KABUPATEN KEBUMEN
Oktaviani Vivi Ekasari, 1601415081 (2020) PENGARUH GAME EDUKASI “RUMAH KUAT” TERHADAP KEMAMPUAN ANAK TENTANG MITIGASI GEMPA BUMI DI TK SIWI MARDI UTAMI KABUPATEN KEBUMEN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (9MB) | Request a copy |
Abstract
Gempa bumi yang pernah terjadi di wilayah Kabupaten Kebumen beberapa waktu lalu menjadikan Kabupaten Kebumen menjadi tempat yang pernah dilanda gempa bumi. Kejadian tersebut tentu upaya penyelamatan diri pada masyarakat perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh game edukasi “Rumah Kuat” terhadap kemampuan mitigasi gempa bumi pada anak usia dini dan (2) seberapa besarkah pengaruh game edukasi “Rumah Kuat” terhadap kemampuan anak tentang mitigasi gempa bumi. Penelitian ini dilakukan di TK Siwi Mardi Utami II Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen. Sampel penelitian ini adalah 37 siswa kelompok B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purporsive sampling. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre�experimental design. Metode analisis statistik dengan teknik Regresi Linier Sederhana dan teknik Paired Sample t-Test dari hasil pretest dan posttest. Didapatkan hasil t hitung = -27,668 dengan hasil H0 ditolak dan Ha diterima.besaran pengaruhnya yaitu 35,5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media game edukasi “Rumah Kuat” dapat meningkatkan kemampuan anak tentang mitigasi gempa bumi.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game Edukasi, Kemampuan Mitigasi Gempa Bumi, Anak Usia Dini |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 07:01 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 07:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47230 |
Actions (login required)
View Item |