HUBUNGAN SELF-DETERMINATION DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA REMAJA PENERIMA MANFAAT DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK (PPSA)


Nusaiba Luthfiana, 1511416014 (2020) HUBUNGAN SELF-DETERMINATION DENGAN ORIENTASI MASA DEPAN PADA REMAJA PENERIMA MANFAAT DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK (PPSA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi Nusaiba Luthfiana - Nusaiba Luthfiana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Remaja yang berada di Panti Pelayanan Sosial kurang merasakan fungsi keluarga sehingga menimbulkan rasa kurang percaya diri, malu, tidak berguna, hal ini dapat berdampak kepada kemampuan pemecahan masalah yang ada pada diri remaja dan kejelasan orientasi masa depan mereka. Dengan keadaan yang seperti itu maka keyakinan dari dalam diri untuk mengambil keputusan terkait apa yang akan dipilih oleh remaja untuk kehidupannya sangat diperlukan. Remaja dalam menentukan nasibnya harus memiliki keteguhan hati dan tidak pasrah dengan kondisi tersulit sekalipun, berani mengambil keputusan dan berani memutuskan tindakan untuk melangkah atau yang disebut dengan self-determination. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah ada hubungan antara self-determination dengan orientasi masa depan dan untuk mengetahui gambaran deskriptif dari masing-masing variabel pada diri remaja penerima manfaat di Panti Pelayanan Sosial Anak (PPSA). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Dalam penentuan sampel penelitian, peneliti menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu total sampling, dengan responden 40 remaja di PPSA Wira Adhi Karya Ungaran. Analisis data menggunakan uji korelasi spearman. Hasil dari penelitian ini yaitu hipotesis diterima yang berarti ada hubungan antara self-determination dengan orientasi masa depan. Ha diterima karena p < 0,05. Diketahui bahwa koefisien korelasi self�determination terhadap orientasi masa depan sebesar 0,936 dengan taraf signifikansi 0,000. Artinya, tingkat kekuatan hubungan (korelasi) antara variabel self-determination dengan orientasi masa depan sangat kuat dan signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self-Determination, Orientasi Masa Depan
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:57
Last Modified: 14 Oct 2021 06:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47229

Actions (login required)

View Item View Item