PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL


Naurah Ma’shumah Nurjannah, 1401416288 (2020) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA DAN KEBIASAAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS CIPTO MANGUNKUSUMO KECAMATAN MARGADANA KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI NAURAH - Naurah Ma'shumah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Pengoptimalan kualitas pendidikan agar selaras dengan tujuan yang telah ditetapkan dapat diketahui melalui pencapaian hasil belajar siswa. Hasil belajar merupakan suatu wujud pencerminan dari usaha yang dilakukan dalam belajar untuk mengukur keberhasilan tingkat pemahaman mengenai suatu pembelajaran yang diterima. Ada beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar diantaranya bimbingan belajar orang tua dan kebiasaan belajar siswa. Siswa yang memiliki bimbingan belajar yang optimal dari orang tuanya di rumah akan memengaruhi hasil belajar, begitu pula siswa yang memiliki kebiasaan belajar yang baik, akan memengaruhi hasil belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan belajar orang tua dan kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Gugus Cipto Mangunkusumo Kecamatan Margadana Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Gugus Cipto Mangunkusumo Kecamatan Margadana Kota tegal yang berjumlah 144 siswa. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 108 siswa. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, serta analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji regresi sederhana, uji korelasi berganda, uji regresi berganda, koefisien determinan, dan uji koefisien regresi secara bersama sama (uji F). Hasil uji hipotesis pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (5,145 > 1,983), berarti H01 ditolak. Hasil uji hipotesis kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (6,117 > 1,983), yang artinya H02 ditolak. Bimbingan belajar orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 20%. Kebiasaan belajar siswa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 26,1%. Bimbingan belajar orang tua dan kebiasaan belajar siswa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 34%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa bimbingan belajar orang tua dan kebiasaan belajar siswa berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Saran, guru dapat meningkatkan kesadaran berupa arahan pemberian bimbingan belajar orang tua kepada siswa saat di rumah dan meningkatkan serta mengembangkan kebiasaan belajar siswa guna meningkatkan hasil belajar siswa di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan belajar orang tua, hasil belajar, kebiasaan belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:48
Last Modified: 14 Oct 2021 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47227

Actions (login required)

View Item View Item