PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS MAWAR KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES


Meri Indah Aprilia, 1401416054 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS MAWAR KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI MERI INDAH APRILIA_1401416954 - Meri Aprilia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini orang sudah tidak sulit lagi untuk memperoleh pendidikan, karena setiap orang berhak mendapatkan pendidikan dan belajar. Meskipun demikian, tidak semua orang memiliki motivasi belajar. Peran guru dan pemanfaatan media pembelajaran berfungsi sebagai upaya untuk memotivasi belajar siswa. Berdasarkan identifikasi awal diperoleh informasi bahwa kompetensi pedagogik guru dan penggunaan media pembelajaran di SD Gugus Mawar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Matematika siswa kelas IV SD se-Gugus Mawar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi 289 siswa dan sampel 167 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling. Penyebaran angket uji coba dan penelitian dilaksanakan secara bersama. Terlebih dahulu peneliti memilih 30 siswa sebagai sampel uji coba untuk menguji validitas dan reliabilitas tiap item pernyataan. Pengujian hipotesis penelitian terdiri dari analisis korelasi sederhana, analisis regresi sederhana, uji kolerasi ganda, uji regresi ganda, analisis koefisien determinasi, dan uji F. Berdasarkan hasil penghitungan statistik menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar Matematika, besar pengaruh yang diberikan yaitu 69,6%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara media pembelajaran terhadap motivasi belajar Matematika, besar pengaruh yang diberikan yaitu 90,8%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Matematika, besar pengaruh yang diberikan yaitu 91,7%; (4) terdapat hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap media pembelajaran Matematika dengan nilai korelasi sederhana sebesar 0,817 atau memiliki hubungan yang “sangat kuat". Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik guru dan media pembelajaran terhadap motivasi belajar Matematika siswa Kelas IV SD se-Gugus Mawar, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat faktor lain yang memengaruhi motivasi belajar siswa. Diharapkan pada penelitian selanjutnya dapat meneliti faktor lain yang memengaruhi motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pedagogik Guru; Media Pembelajaran; Motivasi Belajar; Pembelajaran Matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:27
Last Modified: 14 Oct 2021 06:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47225

Actions (login required)

View Item View Item