PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA


Magfiroh Dewi Nastiti, 1401416106 (2020) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SD SE-GUGUS KI HAJAR DEWANTARA KECAMATAN PUNGGELAN KABUPATEN BANJARNEGARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI MAGFIROH DEWI NASTITI OK - Magfiroh Dewi Nastiti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran bisa dinilai melalui hasil belajar siswa. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar diantaranya kebiasaan belajar dan kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Matematika kelas V SD se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 153 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik probability sampling dengan jenis proportionate stratified random sampling, sehingga didapatkan sampel sebanyak 110 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar Matematika dan angket yang menggunakan skala likert 4 untuk data kebiasaan belajar dan kedisiplinan siswa. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar dan hasil belajar Matematika diperoleh nilai thitung > ttabel (2,437 ˃ 1,982). Persentase pengaruh antara variabel X1 dan Y sebesar 5,20%; (2) Terdapat pengaruh antara kedisiplinan siswa dan hasil belajar Matematika dengan hasil penelitian diperoleh nilai thitung > ttabel (2,104 ˃ 1,982). Persentase pengaruh antara variabel X2 dan Y sebesar 3,90%; (3) Terdapat pengaruh antara kebiasaan belajar dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar Matematika diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (5,283 ˃ 3,08), persentase pengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,00%; serta (4) Terdapat hubungan kebiasaan belajar dengan kedisiplinan siswa dengan korelasi antara kebiasaan belajar dengan kedisiplinan siswa sebesar 0,847 dan 1 dengan taraf signifikansinya 0,019 < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kebiasaan belajar dan kedisiplinan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD se-Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Punggelan Kabupaten Banjarnegara. Saran dari penulis, guru harus bisa bekerjasama dengan orang tua untuk memastika kegiatan belajar dan kedisiplinan siswa agar dapat mendapatkan hasil belajar yang optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Kedisiplinan Siswa, Kebiasaan Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:15
Last Modified: 14 Oct 2021 06:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47224

Actions (login required)

View Item View Item