KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES


M. Najibulloh Faozi, 1301413115 (2020) KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN RESILIENSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 SIRAMPOG KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi M. Najibulloh Faozi 1301413115 - M. NAJIBULLOH FAOZI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada kelas X SMA Negeri 1 Sirampog, Brebes yaitu tingkat resiliensi yang masih tergolong rendah. Perilaku yang terlihat dari rendahnya resiliensi ini adalah mudah tersulut emosi, berlaku berlebihan dalam menanggapi sesuatu, hingga mengisolasi diri dari pergaulan. Penggunaan teknik sosiodrama diharapkan dapat membantu siswa dalam membangun resiliensi sehingga mampu menghadapi berbagai tekanan dan permasalahan dengan positif serta tetap produktif. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk meningkatkan resiliensi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test post-test design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Sirampog, yang berjumlah 75 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 8 siswa yang memiliki tingkat resiliensi yang beragam. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis yang diberikan sebelum dan sesudah diberikan perlakukan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat resiliensi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama mengalami peningkatan. Dari hasil pre-test sebesar 67,25% dan hasil post-test menjadi 72,5%. Peningkatan yang dialami mencapai 5,25%. Dengan hasil perhitungan signifikansi = 0,00 < 0,05, dengan demikian dapat disimpulkan hipotesis yang diajukan diterima. Maka, layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan resiliensi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sirampog.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Resiliensi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 06:08
Last Modified: 14 Oct 2021 06:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47223

Actions (login required)

View Item View Item