ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS II SD/MI TEMA HIDUP RUKUN EDISI REVISI 2017 DENGAN KURIKULUM 2013
Lulu Lailatul Izzah, 1401416127 (2020) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS II SD/MI TEMA HIDUP RUKUN EDISI REVISI 2017 DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan wawancara dengan Kepala SDN 2 Wonosari Kecamatan Kebumen, diperoleh informasi bahwa analisis Buku Guru dan Buku Siswa belum pernah dilakukan. Para guru hanya melakukan analisis pemetaan KD secara umum untuk menentukan materi yang akan diajarkan, dan menggunakan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai rujukan utama dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Apakah terdapat kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, materi pada aspek kesesuaian, kecakupan, dan keakuratan di dalam Buku Guru dan Buku Siswa pada edisi revisi 2017 dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian Buku Guru dan Buku Siswa Kelas II sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah tema “Hidup Rukun” (edisi revisi 2017) dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Uji keabsahan data menggunakan pengecekan sejawat, uraian rinci, audit kepastian, dan audit kebergantungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa KI dan KD dalam Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013. Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara umum, sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan, karena masih ditemukan kekurangan, di antaranya terdapat 42 tujuan pembelajaran yang belum memuat unsur ABCD secara lengkap. Pada rubrik penilaian masih ditemukan beberapa ketidaksesuaian, meliputi ketidaksesuaian penulisan rubrik dengan tujuan pembelajaran, ketidaksesuaian rubrik pada kriteria penilaian dengan setiap poin yang dijabarkan pada skala penilaian, serta masih dijumpai kegiatan pembelajaran yang belum mencantumkan rubrik penilaian. Kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi pada Buku Guru dan Buku Siswa secara umum, sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun beberapa materi dari ketiga aspek tersebut masih ada yang memerlukan perbaikan, di antaranya ditemukan ketidaksesuaian pada kegiatan “Ayo Menulis” karena penerapan KD berada di luar jaringan tema. Saran yang diberikan yaitu guru perlu menganalisis terlebih dahulu segala jenis sumber belajar melalui kegiatan penelaahan dan pengecekan, mengembangkan langkah-langkah kegiatan demi kelancaran proses pembelajaran, melalui tambahan atau referensi materi yang berkaitan dalam pembahasan yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis; Buku Guru; Buku Siswa; dan Kurikulum 2013. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 04:49 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 04:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47222 |
Actions (login required)
View Item |