KEEFEKTIFAN MEDIA ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 BANJARDAWA KABUPATEN PEMALANG


Krismarlia Agustin, 1401416374 (2020) KEEFEKTIFAN MEDIA ADOBE FLASH DALAM PEMBELAJARAN BANGUN RUANG DITINJAU DARI MINAT DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 BANJARDAWA KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Skripsi Krismarlia Agustin_1401416374_CD - krismarlia agustin.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi informasi semakin dibutuhkan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pendidikan. Pemanfaatan media dan teknologi ini memudahkan aktivitas belajar dan memperoleh informasi pengetahuan secara efektif dan efisien. Keberhasilan proses pembelajaran apabila tercapainya tujuan pembelajaran. Penggunaan media adobe flash di dalam pembelajaran dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat memeroleh hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian yaitu menguji keefektifan media adobe flash ditinjau dari minat dan hasil belajar matematika pada materi bangun ruang. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 02 Banjardawa Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 57 siswa yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VA dan VB. Sampel pada penelitian ini yaitu semua anggota populasi. Kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen, uji coba instrumen dilakukan di kelas V SD Negeri 02 Banjaran Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah data yaitu uji prasyarat analisis, meliputi uji normalitas dan homogenitas, dan uji hipotesis. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan independent samples t test dan one samples t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji hipotesis minat belajar siswa dengan perhitungan menggunakan rumus independent samples t test yaitu thitung > ttabel (3,804>2,004), sehingga H01 ditolak. Hasil uji hipotesis untuk hasil belajar siswa menggunakan rumus independent samples t test yaitu thitung > ttabel (2,984>2,004), sehingga H02 ditolak. Perhitungan uji keefektifan minat belajar siswa menggunakan uji one samples t test yaitu thitung > ttabel (4,394>2,048), sehingga H03 ditolak. Perhitungan uji keefektifan hasil belajar siswa menggunakan uji one samples t test menunjukkan bahwa, thitung > ttabel (3,111>2,048), sehingga H04 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media adobe flash efektif terhadap minat dan hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 02 Banjardawa Kabupaten Pemalang. Disarankan kepada guru hendaknya menggunakan media adobe flash karena terbukti efektif terhadap minat dan hasil belajar matematika materi bangun ruang, dan guru dapat meningkatkan keterampilan dalam memanfaatkan teknolgi agar dapat membuat media pembelajaran adobe flash sendiri dan disesuaikan dengan materi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Adobe Flash; Minat belajar; Hasil Belajar; Pembelajaran matematika.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:35
Last Modified: 14 Oct 2021 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47221

Actions (login required)

View Item View Item