PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN TEKNIK GRAFFITO TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DIPONEGORO 2 BALERAKSA, KECAMATAN KARANGMONCOL, KABUPATEN PURBALINGGA


Khotimatus Sa’diyah, 1601416087 (2020) PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING DENGAN TEKNIK GRAFFITO TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA DIPONEGORO 2 BALERAKSA, KECAMATAN KARANGMONCOL, KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI KHOTIMATUS S - Khotimatus Sa'diyah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode discovery learning dengan teknik graffito terhadap kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun di RA Diponegoro 2 Baleraksa. Penelitian menggunakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan berupa Pre�Experimental Design dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini hanya menggunakan satu kelompok eksperimen tanpa adanya kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa RA Diponegoro 2 Baleraksa. Sampel yang digunakan adalah anak usia 5-6 tahun yang berada di kelas B1 dan B2 berjumlah 30 anak. Teknik dalam pengambilan sampel yaitu sampling kuota. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen berupa angket. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan uji-t dan uji linier regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa perhitungan menggunakan uji Sampel Paired T-tes tehadap kelompok eksperimen pada pretest dan posttest diperoleh nilai Asymp. Sign (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh metode discovery learning dengan teknik graffito terhadap kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun. Sedangkan, untuk hasil perhitungan uji Regresi Linier Sederhana diperoleh nilai R Square sebesar 0,717 atau 71,7% sehingga dapat disimpulkan bahwa besarnya pengaruh metode discovery learning dengan teknik graffito terhadap kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun sebesar 71,7% sisanya 28,3% dipengaruhi oleh faktor diluar penelitian. Berdasarkan pada hasil hitung tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, ada pengaruh metode discovery learning dengan teknik graffito terhadap kemampuan menggambar anak usia 5-6 tahun di RA Diponegoro 2 Baleraksa dan besarnya pengaruh metode discovery learning dengan teknik graffito adalah 71,7%. Saran dari peneliti yaitu guru hendaknya memperhatikan aspek perkembangan anak secara individu, melibatkan anak agar dapat mengetahui prosesnya secara langsung serta guru di RA Diponegoro 2 diharapkan menerapkan metode discovery learning dengan teknik graffito dalam kegiatan menggambar agar kemampuannya berkembang dengan optimal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode discovery learning, teknik graffito, kemampuan menggambar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:26
Last Modified: 14 Oct 2021 04:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47220

Actions (login required)

View Item View Item