HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN PERILAKU CYBERSLACKING AKADEMIK PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Khoirul Anam, 1511416100 (2020) HUBUNGAN ANTARA SELF CONTROL DENGAN PERILAKU CYBERSLACKING AKADEMIK PADA MAHASISWA JURUSAN PSIKOLOGI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI KHOIRUL ANAM 1511416100 revisi numbering bab 5 - Khoirul Anam.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Internet memberikan kemudahan untuk mencari sumber informasi yang cepat sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu selalu digunakan oleh masyarakat, tak terkecuali mahasiswa. Internet digunakan untuk mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan tugas, sebagai media komunikasi dengan teman sekelas guna mendiskusikan tugas yang sedang dikerjakan. Namun seringkali internet juga memiliki dampak negatif, salah satunya adalah cyberslacking. Cyberslacking merupakan perilaku menggunakan internet di lingkungan belajar untuk kepentingan pribadi yang tidak terkait dengan tugas atau yang berkaitan dengan akademik ketika perkuliahan sedang berlangsung. Fitur-fitur menarik dan informasi-informasi terkini di media sosial semakin mendorong mahasiswa untuk segera mengetahui agar tidak dikatakan kurang update. Hal ini ditengarai yang menyebabkan mahasiswa kurang mampu mengontrol dirinya dan melakukan cyberslacking ketika sedang kuliah. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara self control dengan perilaku cyberslacking akademik pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kerelasional. Sampel penelitian berjumlah 213 mahasiswa Psikologi UNNES dengan teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Data penelitian diambil menggunakan dua skala, yaitu skala perilaku cyberslacking akademik, yang terdiri atas 35 aitem valid dengan taraf signifikansi yang bergerak dari 0,310-0,751, dan skala self control yang terdiri atas 31 item valid dengan taraf signifikansi bergerak dari 0,366-0,771. Koefisien reliabilitas skala perilaku cyberslacking akademik sebesar 0,945, dan skala self control memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0,896. Uji hipotesis dilakukan dengan formula korelasi Spearman menghasilkan nilai rho sebesar -0,417 dengan nilai signifikansi 0,000. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi ada hubungan antara self control dengan perilaku cyberslacking akademik pada mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Semarang diterima. Semakin tinggi self control yang dimiliki mahasiswa maka semakin rendah perilaku cyberslacking akademik. Begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Self Control, Cyberslacking, Mahasiswa.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:21
Last Modified: 14 Oct 2021 04:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47219

Actions (login required)

View Item View Item