PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS SAMPUR KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG


Niken Ajeng Anggani, 1401416343 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD GUGUS SAMPUR KECAMATAN WATUKUMPUL KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of skripsi fix bgt - Nik en.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Gugus Sampur Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Gugus Sampur Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang berjumlah 167 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 121 siswa. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, linearitas, multikolinearitas dan heteroskedastisitas serta analisis akhir yang teridiri dari analisis korelasi sederhana, regresi sederhana, korelasi berganda, regresi berganda, koefisien determinan dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi pedagogik dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Gugus Sampur Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, yang dibuktikan dengan thitung > ttabel (4,905 > 1,980); (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Gugus Sampur Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, yang dibuktikan dari thitung > ttabel (5,423 > 1,980); (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kompetensi pedagogik dan kesiapan belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Gugus Sampur Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang, yang dibuktikan dengan hasil uji F sehingga diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (25,954 > 3,073). Disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan kesiapan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Gugus Sampur Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang. Saran penulis bahwa guru harus meningkatkan perhatian kepada siswa dan kompetensi pedagogiknya khususnya dalam melakukan tindakan reflektif. Bagi pihak sekolah hendaknya mengadakan pelatihan untuk guru agar kompetensi pedagogik guru dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, kesiapan belajar, kompetensi pedagogik
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:59
Last Modified: 14 Oct 2021 03:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47216

Actions (login required)

View Item View Item