HUBUNGAN DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS III SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA MARGOREJO KABUPATEN PATI


Mohammad Hermawan, 1401413490 (2020) HUBUNGAN DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS III SDN GUGUS KI HAJAR DEWANTARA MARGOREJO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of skripsi fix - Mohammad Hermawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan di SDN Gugus Ki Hajar Dewantara Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati diketahui bahwa disiplin belajar dan motivasi belajar siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan disiplin belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas III SD Negeri Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Pati. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya hubungan antara disiplin belajar dan motivasi belajar dengan hasil belajar PPKn siswa kelas III. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas III. Teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 160 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis statistik deskriptif, analisis uji prasyarat dan analisis data inference menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda, uji F dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III diterima karena hasil perhitungan korelasi menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel taraf signifikansi 5% untuk N = 160 yaitu 0,829 > 0,155. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III diterima karena hasil perhitungan korelasi rhitung lebih besar dari rtabel taraf signifikansi 5% untuk N = 160 yaitu 0,896 > 0,155. (3) Ada hubungan yang positif dan signfikan antara disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn diterima karena hasil perhitungan korelasi rhitung lebih besar dari rtabel taraf signifikansi 5% untuk N = 160 yaitu 0,927 > 0,155. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III, (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III, (3) Ada hubungan yang positif dan signfikan antara disiplin dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas III. Oleh karena itu sebaiknya guru terus meningkatkan disiplin belajar dan motivasi belajar siswa. Bagi peneliti yang akan melakukan penelitian serupa, sebaiknya mencari banyak referensi tentang Disiplin dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: disiplin; motivasi; hasil belajar; PPKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:56
Last Modified: 14 Oct 2021 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47215

Actions (login required)

View Item View Item