PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERSTRATEGI DARING DENGAN BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA JAWA TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021


Febrian Chandra Pratisna, 1301416015 (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERSTRATEGI DARING DENGAN BERBASIS NILAI-NILAI BUDAYA JAWA TERHADAP PERILAKU SOPAN SANTUN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 DEMAK TAHUN AJARAN 2020/2021. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI FEBRIAN CHANDRA PRATISNA 1301416015 - Chandra 015.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Demak yang menunjukkan tingkat sopan santun yang tergolong rendah, yaitu sebesar 47%. Fenomena yang terjadi seperti siswa tidak mau bersalaman dan menyapa ketika bertemu guru, berbicara sendiri saat kegiatan belajar mengajar, membantah perintah guru, memanggil teman dengan ejekan dan nama-nama yang kurang pantas, serta mengumpulkan tugas dengan melemparnya menggunakan tangan kiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok berstrategi daring dengan berbasis nilai-nilai budaya jawa terhadap perilaku sopan santun siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Demak. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen dengan desain penelitian menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan 10 subjek yang memiliki tingkat sopan santun sangat rendah hingga sangat tinggi berdasarkan perhitungan dari skala perilaku sopan santun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode penumpulan data menggunakan skala perilaku sopan santun yang diberikan pada awal dan akhir eksperimen. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Hasil dari penelitian ini berdasarkan perhitungan analisis deskriptif persentase uji wilcoxon adalah layanan bimbingan kelompok berstrategi daring dengan berbasis nilai-nilai budaya jawa berpengaruh pada peningkatan perilaku sopan santun siswa kelas XI IPS SMA Negeri 3 Demak (Z = -2,803; p < 0,05). Konselor hendaknya lebih mengoptimalkan lagi layanan bimbingan kelompok sebagai salah satu alternatif dalam menigkatkan perilaku sopan santun siswa supaya siswa dapat mengimplementasikan perilaku sopan santun dalam kehidupan sehari�hari, khususnya di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bimbingan kelompok, nilai-nilai budaya jawa, perilaku sopan santun.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:48
Last Modified: 14 Oct 2021 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47213

Actions (login required)

View Item View Item