PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD DABIN MINTARAGEN KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL


Dwi Wahyu Oktavia, 1401416169 (2020) PENGARUH KETERSEDIAAN FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD DABIN MINTARAGEN KECAMATAN TEGAL TIMUR KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI DWI PDF - Dwi Wahyu Oktavia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan tingkat kemampuan siswa yang diperoleh setelah siswa menerima pengalaman belajar yang diukur dari tes mengenai sejumlah materi pelajaran. Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi hasil belajar siswa, diantaranya fasilitas belajar di sekolah dan motivasi belajar siswa. Fasilitas belajar dan motivasi belajar merupakan faktor intern dan ekstern yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ketersediaan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Dabin Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Dabin Mintaragen Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal yang jumlah 270 siswa dengan sampel 160 siswa. Metode analisis data penelitian ini meliputi uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas, serta analisis akhir yang terdiri dari uji korelasi sederhana, uji regresi sederhana, uji korelasi berganda, uji regresi berganda, koefisien determinasi dan uji koefisien regresi secara bersama-sama (Uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung >ttabel (7,166 ˃ 1,975); (2) ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai thitung >ttabel (8,666˃ 1,975); (3) ada pengaruh yang signifikan antara ketersediaan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung> Ftabel (53,596 > 3.05); (4) besarnya pengaruh ketersediaan fasilitas belajar terhadap hasil belajar 24,5%; (5) besarnya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar 32,2%; (6) dan besarnya pengaruh ketersediaan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar 40,6%. Berdasarkan perhitungan, ada pengaruh ketersediaan fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas V SD Dabin Mintaragen Kecamatn Tegal Timur Kota Tegal. Saran, guru hendaknya mengoptimalkan alat peraga yang sudah tersedia di sekolah agar alat tersebut dapat berfungsi untuk membantu proses pembelajaran dan guru hendaknya membangkitkan motivasi belajar siswa, agar semangat siswa untuk hadir ke sekolah dan ikut dalam proses pembelajaran meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Hasil Belajar, Motivasi Belajar.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:43
Last Modified: 14 Oct 2021 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47212

Actions (login required)

View Item View Item