KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS II SD GUGUS PIERE TENDEAN KALIWUNGU KENDAL


Duta Prima Manunggal, 1401416262 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL TIME TOKEN BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS II SD GUGUS PIERE TENDEAN KALIWUNGU KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI dan LAMPIRAN_DUTA PRIMA M_1401416262 - Kepingan Akun Kehidupan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan data dokumen berupa hasil belajar siswa kelas II SD Gugus Piere Tendean Kaliwungu Kendal didapat bahwa hasil belajar PPKn belum optimal, karena model Direct Instruction yang digunakan dalam pembelajaran cenderung berpusat pada guru dan kurang mengembangkan ketrampilan sosial pada siswa. Maka perlu adanya perlakuan yaitu dengan penerapan model time token, karena model tersebut dapat menciptakan kegiatan diskusi siswa menjadi lebih efektif dan melatih siswa untuk berpikir kritis serta meningkatkan ketrampilan sosial siswa dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model time token berbantuan media flashcard efektif terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas II. Tujuan penelitian, menguji keefektifan model pembelajaran time token berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas II. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas II SD Gugus Piere Tendean Kaliwungu Kendal dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas II SDN Nolokerto 02 sebagai kelas eksperimen dan kelas II SDN Sumberejo 03 sebagai kelas kontrol dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis menggunakan uji t-tes (independen t-tes), uji n-gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran time token berbantuan media flashcard efektif digunakan pada pembelajaran PPKn materi keberagaman karakteristik individu di sekolah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 3,132, sedangkan nilai ttabel yaitu 2,010. thitung lebih besar dari ttabel (3,132 ˃ 2,010) yang berarti model pembelajaran time token berbantuan media flashcard lebih efektif terhadap hasil belajar PPKn. Hasil uji n-gain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,293970401 termasuk dalam kriteria rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,39691064 termasuk dalam kriteria sedang. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran time token berbantuan media flashcard lebih efektif digunakan terhadap pembelajaran PPKn siswa kelas II. Saran model time token berbantuan media flashcard harus memperhatikan perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu yang baik sehingga pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar; PPKn; keefektifan; time token.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:19
Last Modified: 14 Oct 2021 03:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47210

Actions (login required)

View Item View Item