KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI PENERAPAN TARI KREASI MBOK JAMU DI DESA KLIDANG WETAN KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG


Candra Puspita Sari, 1601416028 (2020) KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DITINJAU DARI PENERAPAN TARI KREASI MBOK JAMU DI DESA KLIDANG WETAN KECAMATAN BATANG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of skripsi candra puspita sari 1601416028 - Candra Puspita Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada anak usia 5-6 tahun di Desa Klidang Wetan Batang, yaitu kebanyakan anak selalu ditakut-takuti akan diberi jamu apabila tidak mau makan yang menyebabkan anak menjadi tidak suka minum jamu dan dimasa pandemi ini anak kurang beraktivitas secara efektif. Akibatnya, dapat berpengaruh terhadap keterampilan motorik kasar anak. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun ditinjau dari penerapan tari kreasi mbok di Desa Klidang Wetan Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian true-esperimental design penelitian eksperimen sungguh-sungguh karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel dependen. Ciri paling utama dari penelitian ini yaitu sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun kelompok kontrol dipilih random dari suatu populasi. Populasi penelitian ini adalah semua anak usia 5-6 tahun di Desa Klidang Wetan yang berjumlah 124 anak dan sampel dalam penelitian ini yaitu 30 anak kelompok kontrol dan 30 anak kelompok eksperimen yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditinjau dari penerapan tari kreasi mbok jamu berdasarkan dari hasil analisis uji beda atau independent sampel t-test secara signifikan yaitu dengan nilai (sig. 2- tailed) 0,000 pada t hitung -32,946. Data tersebut dijabarkan bahwa nilai <0,05 maka data menunjukkan adanya perbedaan secara signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, dan hipotesis (Ha) diterima. Jadi, hasil uji independent sampel t-test ini terdapat perbedaan keterampilan motorik kasar anak usia 5-6 tahun dengan nilai rata-rata antara kelompok kontrol sebesar 70,87 dan kelompok eksperimen sebesar 94,53 dengan hasil lebih tinggi kelompok eksperimen yang ditinjau dari penerapan tari kreasi mbok jamu setelah dilakukan penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Motorik, Anak Usia Dini, Tari Kreasi
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:02
Last Modified: 14 Oct 2021 03:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47208

Actions (login required)

View Item View Item