PENGELOLAAN GEDUNG OLAHRAGA FUTSAL KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018


Cahya Arya Sanjaya, 6301414023 (2019) PENGELOLAAN GEDUNG OLAHRAGA FUTSAL KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN GEDUNG OLAHRAGA FUTSAL KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018] PDF (PENGELOLAAN GEDUNG OLAHRAGA FUTSAL KABUPATEN DEMAK TAHUN 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Olahraga memeliki peran yang berarti bagi kehidupan manusia. Manusia masa kini mengembangkan olahraga menjadi industri yang banyak diminati dan menguntungkan. Permainan futsal diterima dengan baik di masyarakat, hal itu menjadi menjamurnya bisnis penyewaan gedung olahraga futsal di banyak daerah. Penulis melakukan observasi dan hasilnya menunjukkan terdapat 8 gedung olahraga futsal di Kabupaten Demak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana manajemen pengelolaan gedung olahraga futsal di Kabupaten Demak tahun 2018?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan gedung olahraga futsal di kabupaten Demak tahun 2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantatif yaitu mengumpulkan data dengan yang berbentuk angket, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri 4 responden yaitu masing-masing 1 orang Pengelola dari 4 lapangan. Lokasi penelitian adalah lapangan futsal Cahaya Futsal, Graha Sakinah Futsal, Hamzah futsal dan Planet Futsal. Objek penelitian ini adalah gedung olahraga futsal yang dipilih berdasarkan kebutuhan penelitian yang memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh peneliti dan sesuai kondisi dilapangan. Hasil penelitian didapatkan dengan data Mean Square=1059,063 F=4,109 dan nilai Sig=0,032. menunjukkan bahwa rata-rata manajemen pengelolaan gedung olahraga futsal di Kabupaten Demak adalah cukup yang ditunjukkan oleh nilai Sig sebesar 0,032 (Sig < 0,05). Disimpulkan bahwa pengelolaan gedung olahraga futsal di kabupaten demak dapat dikategorikan cukup, karena fungsi manajemen belum berjalan dengan baik. Dari ke-empat lapangan futsal yang dijadikan sampel penelitian baik dari segi Perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating) dan pengawasan (controlling)., hanya lapangan Cahaya Futsal dan Planet Futsal adalah lapangan yang menjalankan fungsi manajemen dengan baik. Saran yang dapat peneliti berikan kepada pengelola gedung olahraga futsal di kabupaten demak adalah agar para pengelola lebih memperhatikan tentang fungsi manajemen itu sendiri, yaitu mulai dari perencanaan, organisasi, pergerakan, dan pengawasan. Agar didalam pengembangan pengelolaan gedung olahraga futsal dapat menjalankan fungsi manajemen yang baik dan dapat melayani pengguna dengan sebaik mungkin.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Manajemen Gedung Olahraga Futsal, Kabupaten Demak
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 13 Oct 2021 06:35
Last Modified: 13 Oct 2021 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/47202

Actions (login required)

View Item View Item